Monday, November 6, 2017

Pengaruh Suhu Terhadap Mahkluk Hidup Dan Data Suhu Rata-Rata Harian,Bulanan,Tahunan

Data suhu berasal dari suhu rata-rata harian, bulanan,musiman, dan tahunan.

1. Suhu rata-rata harian, yaitu

  • Dengan menjumlahkan suhu maksimum dan minimum hari tersebut, selanjutnya di bagi dua, dan
  • Dengan mencatat suhu setiap jam pada hari tersebut selanjutnya di bagi 24.
2. Suhu rata-rata bulanan, yaitu dengan menjumlahkan rata-rata suhu bulanan harian selanjutnya di bagi 30.

3. Suhu rata-rata tahunan yaitu dengan menjumlahkan suhu rata-rata bulanan, yang kemudian selanjutnya dibagi 12.

4. Suhu normal adalah angka rata-rata suhu yang diambil dalam waktu 30 tahun.

Pengaruh suhu terhadap mahkluk hidup sangat besar sehingga pertumbuhannya sangat bergantung padanya, terutama dalam kegiatannya. Kita ambil contoh , tanaman memerlukan suhu tertentu , artinya tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik bila syarat-syaratnya tidak dipenuhi. Pengaruhnya pada proses pematangan buah adalah makin tinggi suhu makin cepat matang. Dengan suhu yang tinggi benih akan melakukan metabolisme lebih cepat. Benih yang dibiarkan atau di tanam pada dataran atau tanah tinggi maka daya kecambahnya akan turun. Jadi, pada tanaman juga ada suhu maksimum dan suhu iptimum yang diperlukannya.

Ilustrasi Suhu Bumi

Suhu maksimum adalah suhu tertinggi di mana suatu tanaman masih dapat tumbuh. Suhu minimum adalah suhu terendah di mana tanaman masih dapat hidup. Sedangkan suhu optimum adalah suhu terbaik yang dibutuhkan tanaman di mana proses pertumbuhannya dapat berjalan lancar.


Batas suhu tersebut di kenal dengan suhu kardinal , sebagai contoh tanaman sorgum mempunyai suhu minimum 15 derajat celcius suhu optimum 31 sampai dengan 37 derajat celcius dan suhu maksimum 44 sampai dengan 50 derajat celcius.

Sehubungan dengan hal ini, apabila kita ingin memindahkan tanaman atau ternak ke daerah lain, kita harus meneliti dahulu apakah suhunya sesuai atau tidak. Kita harus melihat dari mana asal tanaman dan ternak tersebut, lalu kita usahakan agar kondisinya sama atau mendekati kondisi di daerah asalnya.

Aklimatisasi adalah usaha penyusuaian oleh tanaman dan hewan pada iklim yang berlainan dari iklim tempat asalnya karena proses pemindahan melalui suatu proses . Sedangkan adaptasi adalah penyusuaian pada tempat baru yang diikuti oleh perubahan kecil dari organ, baik tanaman maupun hewan.


Suhu tanah juga berpengaruh pada tanaman . Pengukuran biasanya dilakukan pada pada kedalaman 5 cm,10 cm,50 cm, dan 100 cm. Pengaruh suhu tanah terhadap tanaman , yaitu pada :
  • Perkecambahan biji
  • Aktivitas mikroorganisme, 
  • Dan perkembangan penyakit tanaman
Faktor yang mempengaruhi suhu tanah yaitu :
  1. Faktor Luar (eksternal). yaitu radiasi matahari ,keawanan,curah hujan,angin, dan kelembapan udara.
  2. Faktor Internal. yaitu tekstur tanah,struktur dan kadar air tanah,kandungan bahan organik, dan warna tanah.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengaruh Suhu Terhadap Mahkluk Hidup Dan Data Suhu Rata-Rata Harian,Bulanan,Tahunan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon