Monday, October 2, 2017

Tingkat Spesifikasi Zat Kimia Berdasarkan Pengelompokan Kriterianya

Bagi laboran,analis,atau pelaku penelitian perlu mengetahui sifat atau spesifikasi pereaksi (reagen) yang akan digunakan salah satunya adalah tingkat kemurnian zat yang diperkenangkan menurut jenis analis yang diterapkan . Umumnya berdasar pada kriteria ini zat-zat dapat dikelompokkan sebagai berikut :



  • Tingkat Teknik (Technical grade). Zat-zat ini umunya digunakanuntuk tujuan analis kimia kecuali :
  1. Untuk larutan pembersih atau pencuci.
  2. Untuk larutan pereaksi kualitatif (demonstratif) bila masih dapat membersihkan hasil yang cukup jelas, atau bila pengotorannya masih dapat diperkecil melalui proses dengan cara tertentu sebelum digunakan.
  • Tingkat Farmasi (Pharmaceutical Grade). Pereaksi ini tingkat kemurniannya memenuhi kebutuhan USP (United States Pharmacopeia) dan biasanya digunakan untuk kebutuhan bidang farmasi dan kedokteran , sebagai pereaksi kimia di laboratorium tingkat kemurnian ini cukup memenuhi kecuali untuk analisis kimia.
  • Tingkat Murni (Chemically Pure, CP). Perekasi pada tingkat ini umumnya jauh lebih murni dari pereaksi Tingkat Farmasi (kata 'murni' disini berarti murni secara kimiawi ). Tidak ada ketentuan khusus mengenai aturan kebakuan umum terhadap tingkat kemurniannya. Oleh karena itu, biasanya setiap pabrik pembuatnya mencamtumkan keterangan mengenai tingkat kemurnian umumnya pereaksi tingkat ini dapat digunakan sebagai pereaksi analisa, namun untuk analisis kimia tertentu pereaksi tingkat ini perlu diuji lagi ketidakmurniannya sebelum digunakan.

  • Tingkat Pereaksi (Analyzed Grade). Pereaksi tingkat ini memenuhi aturan kebakuan yang ditetapkan oleh The American Chemical Society Committe on Analytical Reagents dan pabrik pembuatnya mencamtumkan pernyataan "Conforms to ACS Specifications" pada lebel pereaksi yang juga memuat daftar pengotor dan persen kemurniannya . Untuk kepentingan baku primer , kemurnian dan persen kemurniannya. Untuk kepentingan baku primer, kemurnian 99,5% - 100,5% cukup memenuhi persyaratan analisis.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Tingkat Spesifikasi Zat Kimia Berdasarkan Pengelompokan Kriterianya yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon