Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Komponen Kognitif Dalam Struktur Sikap Manusia

Struktur Sikap
Mengikuti skema triadik, struktur sikap terdiri atas tiga komponen yang saling menunjang yaitu komponen kognitif (cognitive), komponen efektif (affectif), dan komponen konetatif (conative).


Komponen Kognitif merupakan representasi apa yang dipercaya oleh individu pemilik sikap,komponen afektif merupakan perasaan yang menyangkut aspek emosiaonal dan komponen konatif merupakan aspek kecendrungan berperilaku tertentu sesuai dengan sikap yang dimiliki oleh seseorang. Kothandapani (dalam Middlebrook , 1974) merumuskan 3 komponen tersebut sebagai komponen komponen kognitif (kepercayaan atau beliefs). komponen emosional (perasaan), dan komponen perilaku (tindakan)

Mann (1969) menjelaskan bahwa komponen kognitif berisi persepsi,kepercayaan, dan stereotipe yang dimiliki individu mengenai sesuatu. Seringkali komponen kognitif ini dapat disamakan dengan pandangan (opni) , terutama apabila menyangkut masalah isyu atau problem yang kontroversial. Komponen efektif merupakan perasaan individu terhadap objek sikap dan menyangkut masalah emosi. Aspek emosional inilah yang biasanya berakar paling bertahan terhadap pengaruh-pengeruh yang mungkin akan menngubah sikap seseorang . Komponen perilaku berisi tendensi atau kecendrungan untuk bertindak atau untuk bereaksi terhadap sesuatu dengan cara-cara tertentu 

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Komponen Kognitif Dalam Struktur Sikap Manusia yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.

----Selamat Mencatat----

Post a Comment for "Pengertian Komponen Kognitif Dalam Struktur Sikap Manusia"