Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Dan Iptek

PERANAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN DAN IPTEK
Mungkin ada yang bertanya, apa manfaatnya mempelajari ilmu kimia? sudah barang tentu semua ilmu berguna dan dipelajari. Manfaat yang segera kita dapat ketika mempelajari ilmu kimia adalah pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung didalamnya. Di atas telah dibahas perbedaan antara air dan alkohol. Jika sifat jika sifat dapat terbakar dari alkohol dipertanyakan kepada orang yang tidak mempelajari ilmu kimia, mungkin ia akan menjawabnya dengan mengatakan "sudah begitu dari sananya". Akan tetapi bagi orang yang sudah mempelajari ilmu kimia dapat menjelaskan sifat tersebut secara rasional.


Manfaat yang lebih jauh dari ilmu kimia adalah untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita. Dunia modern sekarang ini adalah suatu dunia dimana seseorang menjadi terbiasa dengan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia. Pikirkanlah tentang sabun,pasta gigi,tekstil,kosmetik,plastik,obat obatan,pupuk,pestisida,bahan bakar,cat,bumbu masak dan berbagai jenis makanan olahan, semuanya adalah merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia. Hampir semua bahan keperluan kita, sedikit banyak baik langsung atau tidak langsung mengalami sentuhan kimia.


Bukan hanya bahan keperluan sehari-hari , ilmu kimia juga mempunyai andil besar dalam berbagai jenis produk teknologi seperti pesawat televisi,mesin pendingin,dan pesawat terbang. Material yang digunakan untuk berbagai tersebut memerlukan komposisi dan sifat khusus yang dihasilkan oleh para ahli kimia, Sebagai contoh pikirkanlah industri mobil,mulai dari logam untuk kerangka dan mesinnya,cat,ban,plastik serta kaca untuk komponen lainnya, semuanya memerlukan pengetahuan kimia. Di masa yang akan datang , dengan jumlah produk yang semakin bertambah sementara daya dukung alam semakin terbatas, peranan ilmu kimia akan semakin penting.


Di balik sumbangan yang besar ilmu kimia bagi kehidupan kita secara jujur harus diakui bahwa banyak produk kimia yang bagi kehidupan kita, secara jujur harus diakui bahwa banyak produk kimia yang kemudian menimbulkan masalah. Contohnya adalah DDT,plastik,CFC dan berbagai bahan sinetik lainya. DDT adalah insektida yang digunakan untuk memberantas nyamuk dan hama tanaman. DDT adalah insektisida yang digunakan untuk memberantas nyamuk dan nama tanaman. DDT adalah berhasil membasmi nyamuk malaria sehingga dapat menyelamatkan nyawa jutaan umat manusia. Akan tetapi senyawa itu ternyata persisten (stabil,sukar sekali diuraikan mikroorganisme) sehingga limbahnya mencemari air dan tanah. DDT dapat masuk kedalam rantai makanan sehingga membahayakan kehidupan berbagai jenis fauna, juga manusia. Hal seperti ini kurang diantisipasi sebelumnya. Kini para ahli terus melakukan penelitian untuk menanggulangi berbagai kasus pencemaran dimasa mendatang. Produk sintetik harus dipelajari secara lebih seksama sehingga meminimalkan masalah lingkungan.



Manfaat ketiga dari belajar kimia adalah masalah pembentukan sikap. Dalam mempelajari ilmu kimia, kita senantiasa berhadapan dengan masalah dan memecahkannya secara sistematik. Sering kali masalah dalam ilmu kimia tergolong rumit dan kompleks sehingga ada kesan bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang sukar. Sebenarnya kerumitan itu akan menjadi suatu keuntungan jika disikapi dengan benar.


Kita menjadi terbiasa menghadapi masalah , memecahkannya secara logis dan terencana. Kebiasaan itu akan membantu kita dalam menghadapi persoalan hidup sehari-hari . Di atas segalanya itu, ilmu kimia akan menunjukan kepada anda betapa teraturnya alam ini, baik alam makro maupun mikro. Kiranya semuanya itu akan menambah kekaguman kita kepada sang pencipta.

Post a Comment for "Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Dan Iptek"