Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kertas Karton Secara Sederhana

CARA MEMBUAT KERTAS KARTON
Kertas karton merupakan bahan yang banyak diperlukan oleh masyarakat didalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik untuk keperluan pembungkus bahan makanan, hasil industri non-pangan, tempat menulis dan sebagainya. Dengan demikian kertas ini dibuat dengan berbagai macam ukuran,kualitas dan warna oleh pabrik atau perusahaan. Meskipun ada bermacam-macam tidak jauh berbeda bahkan pada dasarnya sama.


Semua proses pembuatan kertas menggunakan bahan baku selulosa, yang mempunyai rumus kimia (C5H10O5) dimana x mempunyai harga bulat kurang lebih 300. Sellulosa ini dapat diperoleh dari berbagai jenis kayu baik itu kayu lunak (softwood) maupun kayu kertas (hardwood) pada umumnya kayu mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :

JENIS KOMPONEN
HARD WOOD %
SOFT WOOD %
Selulosa
56
58
Lignin
23
26
Pentosa
18
7
Getah,damar,minyak
2
8
Abu
1
1

Dengan memperhatikan komponen-komponen yang terkandung dalam kayu dan dari komponen itu senyawa lignin tidak diperlukan dalam pembuatan kertas, maka antara lignin dan selulosa dapat dipisahkan dengan merendam dalam larutan NaOH 2 M selama 12 jam. Larutan NaOH ini mempunyai kemampuan untuk mendektruksi komponen penyusun kayu (selulosa.lignin dan lain-lain). Perendaman ini juga dapat sambil dipanaskan dengan maksud mempercepat reaksipemisahan selulosanya.

Semakin tinggi persentase selulosa akan dihasilkan kertas yang semakin tinggi kualitasnya . Untuk meperoleh kualitas kertas yang baik di pabrik sering diberikan cat tambahan berupa zat pemutih, perekat, zat pengawet dan sebagainya.


Pembuatan kertas secara tradisional dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memotong-motong merang kemudian direndam didalam air kapur (CaOH + H2O) selama 2-3 hari. Kemudian diikuti dengan pencucian dan penggilingan hingga terbentuk bubuk kertas . Kertas ini selanjutnya diletakkan diatas kain blacu dan dikeringkan dibawah sinar matahari . Sudah tentu proses seperti ini akan dihasilkan kertas yang kualitasnya masih kurang baik .
Berdasarkan Hal itu maka perusahaan-perusahaan berusaha untuk memperbaikinya dengan memberikan bahan-bahan tambahan dan penyempurnaan prosesnya.

Alat-Alat Yang Diperlukan :
  1. Gelas ukur
  2. Batang Pengaduk
  3. Saringan Porselin
  4. Kasa Asbes
  5. Kompor
  6. Lumpeng Porselin
  7. Kain blacu
  8. Cetakan Karton
Bahan-Bahan Yang Diperlukan :
  • Merang 50 gram
  • Larutan NaOH 4 M 500 ml
  • Kanji secukupnya
Cara Kerja :
  1. Timbang merang sebanyak 50 gram dan dipotong kacil-kecil ukuran 0,5 - 1,0 cm. dan masukkan kedalam erlenmeyer 1.000 ml.
  2. Tambahkan larutan NaOH 4M sebanyak 500ml dan panaskan hingga mendidih selama 2 jam, sambil diaduk.
  3. Jagalah volume NaOH agar tetap selama pemanasan yaitu dengan cara menambahkan larutan NaOH 4M secukupnya.
  4. Saring dengan menggunakan saringan porselin sambil dicuci dengan air , hingga warna hitam hilang dan sampai bebas NaOH.
  5. Tumbuklah bubur kertas ini , agar didapat ukuran yang lebih halus. Selama proses penumbukan dapat ditambahkan air dan kanji secukupnya.
  6. Hamparkan bubur kertas tersebut di atas kain blacu , sambil diratakan dengan pengaduk bergulir hingga mencapai ketebalan sesuai dengan yang dikehendaki.
  7. Jemurlah dibawah sinar matahari hingga terbentuk kertas karton.
  8. Amati : elastisitas,warna,kehalusan permukaan, dan kekuatan sobeknya.
Data Pengamatan :


Nah bagaimana jika materi tentang pembuatan kertas karton ini berguna silahkan anda sebarkan ke teman-teman anda melalui jejaring social yang kalian punya. Semoga saja materi ini dapat membantu keperluan akademik kalian

----Selamat Praktek----

Post a Comment for "Cara Membuat Kertas Karton Secara Sederhana"