Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FUNGSI ERLENMEYER

Erlenmeyer
Sebuah labu Erlenmeyer, juga dikenal sebagai labu berbentuk kerucut, adalah jenis labu laboratorium yang banyak digunakan. Memiliki tubuh berbentuk kerucut, leher silinder dan dilengkapi dengan dasar yang datar. Alat ini dinamai menurut nama kimiawan asal Jerman Emil Erlenmeyer, yang menciptakannya pada tahun 1860.


funsi dari alat ini yaitu sebagai wadah yang digunakan untuk melakukan reaksi antara senyawa kimia yang ingin diperoleh,dan juga sebagai Alat yang digunakan dalam proses titrasi untuk menampung larutan yang akan dititrasi pada umumnya erlemeyer terbagi menjadi 2 jenis yaitu erlenmeyer biasa (tampa tutup) dan erlenmeyer asah (menggunakan penutup)

Prinsip kerja 

Erlenmeyer dengan tutup asah digunakan untuk pencampuran reaksi dengan pengocokkan kuat sedangkan Erlenmeyer tanpa tutup asah biasanya digunakan untuk mencampurkan reaksi dengan kecepatan lemah.

Fungsi umum penggunaan erlenmeyer
  1. Mengukur dan mencampur bahan-bahan analisa,
  2. Menampung larutan, bahan padat ataupun cairan,
  3. Meracik dan menghomogenkan (melarutkan) bahan-bahan komposisi media,
  4. Tempat kultivasi mikroba dalam kultur cair,
  5. Tempat untuk melakukan titrasi bahan
  6. Erlenmeyer dengan tutup asah digunakan untuk titrasi dengan pengocokkan kuat, dihubungkan dengan alat ekstraksi, alat destilasi dan sebagainya.
  7. Erlenmeyer tanpa tutup asah digunakan untuk titrasi dengan pengocokkan lemah hingga sedang.

Post a Comment for "FUNGSI ERLENMEYER"