Saturday, June 22, 2019

Latar Belakang Kerja Praktek Industri Jurusan Teknik Industri

Tags

Kerja Praktek Industri (KPI) merupakan bagian dari program pembelajaran yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa di dunia kerja, Program ini juga merupakan kerja sama antara Universitas dengan dunia kerja sebagai pemgembangan program pendidikan. Selain itu Kerja Praktek Industri juga merupakan wujud aplikasi terpadu antara sikap, kemampuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa dibangku kuliah. Dengan mengikuti praktek kerja lapangan diharapkan dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mahasiswa dalam menyiapkan diri memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Islam Makassar, perlu mengenali bidang pekerjaan serta meningkatkan keterampilan yang di butuhkan pasar kerja sesuai dengan bidang kerja dan keahlian masing-masing. Untuk mengetahui kinerja produksi, pengendalian mutu, penelitian dan pengembangan produk di industri diperlukan pengetahuan khusus yang tidak hanya mengandalkan bangku perkuliahan. Oleh karena itu kegiatan kerja praktek industri perlu dilakukan. Kegiatan praktek kerja industri merupakan tridarma perguruan tinggi yaitu kegiatan yang mengintegrasikan pendidikan, penelitian, dan pengabdian terhadap masyarakat di bawah bimbingan dosen pembimbing lapang.


Kerja Praktek Industri merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa dengan melakukan praktek kerja pada lembaga-lembaga yang revelan dalam bidang industri. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah kerja praktek dengan mengikuti semua kegiatan di lokasi kerja praktek industri.

Pelaksanaan kerja praktek industri di berbagai perusahaan dan instansi akan sangat berguna bagi mahasiswa untuk dapat menimba ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman. Kerja praktek industri merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Industri di Universitas Islam Makassar. Melalui kerja praktek industri ini mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan cara berpikir, menambah ide – ide yang berguna dan dapat menambah pengetahuan mahasiswa sehingga dapat menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab mahasiswa terhadap apa yang ditugaskan kepadanya.

Oleh karena itu, semua teori–teori yang dipelajari dari berbagai mata kuliah di jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Makassar dapat secara langsung di praktekan di  Fakultas Teknik. Dalam hal ini, dapat diketahui bahwa teori yang dipelajari sama dengan yang ditemukan dalam prakteknya sehingga teori tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Sebagaimana diketahui bahwa teori merupakan suatu ilmu pengetahuan dasar bagi perwujudan praktek. Oleh karena itu, untuk memperoleh pengalaman dan perbandingan antara teori dan praktek, maka mahasiswa diharuskan menjalani kerja praktek industri di instansi pemerintah atau perusahaan swasta sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum menyelesaikan studinya.

Mengingat sulitnya untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan berkualitas maka banyak perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan cara meningkatkan mutu pendidikan dan menyediakan sarana–sarana pendukung agar dihasilkan lulusan yang handal. 


EmoticonEmoticon