Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perubahan Mikrobia Dan Biokimia Pada Kombucha

Perubahan Mikrobia dan Biokimia Pada Kombucha
Perubahan mikrobia dan biokimia yang terjadi pada kombucha adalah sebagai berikut :

1. Pertumbuhan Khamir dan Bakteri
Jumlah khamir hidup meningkat selama waktu inkubasi (6-14 hari) walaupun jumlah sel akhir tetap tinggi (sekitar 100.000 - 1.000.000 cfu/ml) namun jumlahnya akan terus menerus
jika fermentasi dilanjutkan. Konsentrasi sel khamir dalam cairan umumnya lebih tinggi dari pada yang terdapat dalam pelikel. Dalam pertumbuhan di PDA terdapat dua tipe koloni. Hal ini menunjukkan adanya dua tipe khamir yang terdapat pada kombucha.


Hasil serupa juga terjadi pada bakteri asam asetat yang menunjukkan jumlah dalam larutan lebih tinggi dari pada dalam pelikel. Pertumbuhan bakteri meningkat dengan cepat pada 6 hari pertama fermentasi.

2. Perubahan Kandungan Gula
Konsentrasi sukrosa menurun secara linear dengan waktu selama 30 hari diikuti dengan penurunan yang lebih lambat. Rerata konsentrasi glukosa meningkatdan mencapai konsentrasi
tertinggi (1,2%) setelah 30 hari. Dengan kata lain, konsentrasi fruktosa meningkat selama periode fermentasi dan mencapai 5,5% pada 30 hari fermentasi.

3. Produksi Etanol
Perubahan konsentrasi etanol dalam kombucha selama fermentasi menunjukkan peningkatan pada masa awal fermentasi, Yang mencapai 0,55% pada 20 Hari Fermentasi Kemudian turun sampai akhir fermentasi

4. Perubahan asam organik menunjukkan peningkatan selama fermentasi dan mencapai 1,1 g/100 ml yang dicapai pada fermentasi 30 hari, yang kemudian turun menjadi 0,8 g/100 ml pada 60 hari fermentasi.
Asam glukonat dan asam organik lain juga di temukan setelah 6 hari fermentasi dan mencapai 3,9 g/100 ml pada akhir fermentasi.

Nah іtulаh sedikit реmbаhаѕаn tеntаng Perubahan Mikrobia Dan Biokimia Pada Kombucha уаng ѕеmраt saya bаgіkаn kераdа аndа , ѕеmоgа saja materi ini bеrgunа dаlаm mеmbаntu keperluan akademik аndа, Jika аndа ingin mеlіhаt mаtеrі lainnya ѕіlаhkаn . Saya mengucapkan tеrіmа kasih banyak atas kunjungаn anda dі blоg sederhana іnі, jаngаn luра untuk mеmbаgіkаn mаtеrі ini ke tеmаn аtаu kerabat terdekat anda dеngаn melalui social mеdіа yang kalian mіlіkі kаrеnа ѕесаrа аоtоmаtіѕ materi іnі akan tersimpan dіdаlаm bеrаndа аndа. 

Oh іууа untuk sekarang labsmk.com аkаn sangat bеrtеrіmа kаѕіh kераdа аndа jika аndа ѕеnаntіаѕа mеmbеrіkаn sedikit pengetahuan yang mungkіn аndа butuhkаn untuk kedepannya , mаkаѕіh реmbаса yang bаіk selalu meninggalkan kоmеnt dаn dаn membagikan artikel іnі kе ѕосіаl mеdіа mіlіk аndа 
----Selamat Mеnсаtаt---- 

Post a Comment for "Perubahan Mikrobia Dan Biokimia Pada Kombucha"