Proses Pengasaman Tempe Dan Kualitas Inokolum Tempe

Proses Pengasaman Tempe Dan Kualitas Inokolum tempe

Nilai pH yang cocok selama perendaman kedelai sekitar 4,5 sampai 5,0 . Angka ini merupakan nilai pH yang tidak menguntungkan bagi hampir semua bakteri penyebabpenyakit dan bakteri pembusuk. 

Pengasaman biji kedelai di maksudkan untuk memberikan kondisi yang cocok untuk tumbuhnya jamur tempe sehingga dapat di produksi tempe dengan kualitas baik. Apabila tidak di asamkan maka tempe yang di produksi memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk kontaminasi bakteri penyebab penyakit. Jika perendaman tidak dilakukan dengan sempurna maka tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. 


Oleh sebab itu lebih baik apabila pada perendaman di tambahkan asam encer atau diinokulasikan bakteri lactobacillus plantarum agar produksi tempe lebih terjamin untuk berhasil baik Inokolum tempe Kulitas tempe amat di pengaruhi oleh kualitas starter yang digunakan untuk inokulasinya. beberapa persyaratan yang harus di penuhi atas kualitas jamur starter yang baik untuk di pakai sebagai starter tempe antara lain :
  1. Mampu memproduksi spora dalam jumlah banyak
  2. Mampu bertahan beberpa bulan tanpa mengalkami perubahan genetis maupun kemampuan tumbuhnya.
  3. Memilikiu persentese perkecambahan spora yang tinggi segera setelah diinokulasikan
  4. mengandung biakan jamur tempe yang murni, dan bila digunakan berupa kultur campuran harus mempunyai proporsi yang tepat.
  5. Bebas dari mikroba kontaminan dan jika memungkionkan strain yang dominasi mikroba kontaminan (dapat di bantu dengan menciptakan kondisi spesifik yang cocok untuk strain yang dikehendaki tetapi menjadi faktor penghambat bagi mikrobia kontaminan, misalnya dengan merendahkan pH, pemberian inhibitor,dsb)
  6. Mampu menghasilkan produk yang stabil berulang-ulang
  7. Pertumbuhan miselia setelah diinokulasi harus kuat, lebat berwarna putih bersih memiliki aroma spesifik tempe yang enak dan tidak mengalami sporulasi yang terlalu awal
Nah itulah sedikit pembahasan tentang Proses Pengasaman Tempe Dan Kualitas Inokolum Tempe yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.

Oh iyya untuk sekarang labsmk.com akan sangat berterima kasih kepada anda jika anda senantiasa selalu meninggalkan koment dan dan membagikan artikel ini ke social media milik anda

----Selamat Mencatat----

0 Response to "Proses Pengasaman Tempe Dan Kualitas Inokolum Tempe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel