Pengaruh Suhu Subsfreezing dan Freezing Terhadap Mikroorganisme

Pengaruh Suhu Subsfreezing dan Freezing Terhadap Mikroorganisme

Sulit untuk membicarakan akibat freezing terhadap mikroorganisme karena banyaknya variabel yang berpengaruh. Adalah tidak mungkin untuk mempelajari pengaruh pembekuan sel tampa meneliti pengaruh pendinginan (turun sampai 0 derajat celcius) dan pengaruh thawing . Marth (1973) meringkaskan bahwa pembekuan mikroorganisme meliputi :
  1. Pendinginan sel sampai 0 derajat celcius
  2. Kemudian pendinginan dengan kemungkinan pembentukan kristal es pada ekstra dan intraseluler
  3. Konsentrasi ekstra dan instraseluler yang terlarut
  4. Penyimpanan sel dalam keadaan beku
  5. thawing sel dan substrat
Pembekuan biasanya akan mengurangi jumlah organisme hidup dalam makanan . Pengurangan ini merupakan pengaruh dari kondisi lethal dan subslethal,Banyak sel di matikan oleh pembekuan tetapi hal ini bukanlah prosedur sterilisasi . 


Suatu Teknik yang paling banyak digunakan adalah pengawetan kultur dengan pembekuan dan penyimpanan beku. Biasanya dalam nitrogen cair. Lethal effects menghasilkan denaturasi atau flokulasi protein sel atau enzim yang mungkin mengakibatkan kenaikan konsentrasi terlarut dalam air yang tidak beku atau mungkin dalam bagiannya karena kerusakan fisik oleh kristal es. Pendinginan sel secara cepat dari suhu optimal ke 0 derajat celcius dapat juga menyebabkan kematian. 

Hal ini berkaitan dengan berubahnya lipid dalam membran sehingga merusak permeabilitas sel atau membebaskan penghambat enzim seperti penghambat ribonuklease.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengaruh Suhu Subsfreezing dan Freezing Terhadap Mikroorganisme yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.

Oh iyya untuk sekarang labsmk.com akan sangat berterima kasih kepada anda jika anda senantiasa memberikan sedikit pengetahuan yang mungkin anda butuhkan untuk kedepannya , makasih pembaca yang baik selalu meninggalkan koment dan dan membagikan artikel ini ke social media milik anda

----Selamat Mencatat----

0 Response to "Pengaruh Suhu Subsfreezing dan Freezing Terhadap Mikroorganisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel