Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Ketahan Sel Terhadap Pembekuan

Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Ketahan Sel Terhadap Pembekuan
Ketahanan sel terhadap pembekuan dipengaruhi oleh beberpa faktor, baik faktor yang berasal dari sel mikroorganisme, cara-cara pembekuan, suhu beku yang di capat. lama pembekuan, suhu beku yang dicapai, lama lama pembekuan,kecepatan pencairan, ada tidaknya cryoprotectant maupun kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Ketahanan sel mikroorganisme terhadap perlakuan pembekuan tergantung pada fase pertumbuhan sel pada saat di panen. Pada fase pertumbuhan ,eksponensial sel akan kehilangan viabilitasnya apabila dibekukan dengan cepat. Namun demikian apabila dibandingkan dengan pembekuan cepat. Sel yang berada pada fase pertumbuhan stasioner relatif lebih tahan apabila di bandingkan dengan sel yang berada pada fase pertumbuhan lainnya.


Ketahan mikrobia di pengaruhi pula oleh komposisi lipida plasma membvarn, baik komposisi sterol maupun residu asam lemak pada lipida membran, baik komposisi sterol maupun residu asam lemak pada lipida membran. Pada saccharomyces cerevisiae, lipid membran yang memuat ergosterol dan stigmasterol menyebabkan sel lebih tahan bila dibandingkan dengan sel yang memuat campesterol atau cholosterol pada lipid plasma membran. Hal ini serupa juga berlaku untuk residu linoleat dari pada residu oleat. Kecepatan pembekuan ternyata mempengaruhi ketahanan hidup sel. hal iniberkaitan dengan kesetimbangan difusi maupun peristiwa terbentuknya kristal es baik di luar maupun di dalam sel.

Pembekuan yang dilakuakan dengan menggunakan dua langkah pembekuan akan meningkatkan presentase sel yang hidup . Prinsip ini dikerjakan dengan pembekuan lambat sampai suhu terminal tertentu kemudian membiarkan beberapa waktu pada suhu terminal tersebut, baru kemudian pada langkah berikutnya dilakukan pembekuan lambat sampai suhu terminal tersebut, baru kemudian pada langkah berikutnya dilakukan pembekuan cepat. Membiarkan sel berada pada suhu terminal tersebut untuk beberapa waktu lamanya sangat penting artinya memberikan kesempatan terjadinya kesetimbangan karena proses osmose maupun pembekuan ekstra celular. dengan cara demikian dapat diterapkan bahwa pada langkah pembekuan berikutnya kemungkinan terbentuknya es di dalam sel menjadi sangat kecil, atau justru tidak ada air yang mengkristal di dalam sel. Oleh karenanya pembentukan suhu terminal tersebut harus diperhitungkan. Demikian pula lama waktu berada pada suhu terminal Cara-cara ini erat kaitannya dengan usaha pengawetan kultur, terutama untu industri-industri fermentasi. Kecepatan thawing (pencairan) mempengaruhi jumlah sel yang hidup setelah pembekuan . Thawing yang cepat akan memperbanyak jumlah sel yang hidup. Sebaliknya , thawing yang lambat akan memperbanyak sel yang mati.

Medium pembekuan mempengaruhi jumlah sel yang mati selama pembekuan. Terdapatnya cryoprotectant akan memperbesar jumlah sel yang hiudup. Beberapa cryoprotectant di antaranya gliserol.DMSO,susu skim,serum,polifinil pirolidon, dan beberapa senyawa dengan berat molekul tinggi di pergunakan untuk pengawetan sel yeast dengan cara pembekuan.

Kelembapan pada suhu tinggi mempercepat koagulasi protein mikroba Misalnya spora Bacillus anthracis pada suhu 160 derajat celcius dalam keadaan kering setelah 90 menit , sedangkan jika keadaan lembab dengan suhu 100 derajat celcius hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Ketahan Sel Terhadap Pembekuan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.

Oh iyya untuk sekarang labsmk.com akan sangat berterima kasih kepada anda jika anda senantiasa memberikan sedikit pengetahuan yang mungkin anda butuhkan untuk kedepannya , makasih pembaca yang baik selalu meninggalkan koment dan dan membagikan artikel ini ke social media milik anda

----Selamat Mencatat----

0 Response to "Faktor-faktor Yang Mepengaruhi Ketahan Sel Terhadap Pembekuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel