Faktor-Faktor Perkembangan Organisasi Dan Tahapan Perencanaan Pengembangan Organisasi

Faktor Perkembangan Organisasi;
Kekuatan-kekuatan Eksternal yaitu :
  1. Kompetisi yang semakin tajam dalam organisasi.
  2. Perkembagan IPTEK
  3. Perubahan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun sosial yang membuat organisasi berfikir, bagaimana mendaptkan sumber diluar organisasi untuk masa depan organisasi.

Kekuatan-kekuatan Internal yaitu:
  1. Struktur
  2. Sistem dan prosedur
  3. Perlengkapan dan fasilitas
  4. Proses dan saran apabila tidak cocok akan membuat organisasi melalui perbaikan.
  5. Perubahan organisasi dilakukan untuk mencocokan dengan kebutuhan yang ada.


PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI

Semua kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui 4 tahapan berikut ini:
  1. Tahap 1 : Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuanPerencanaan dimulai dengankeputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja.Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan menggunakan sumber daya sumberdayanya secara tidak efektif.
  2. Tahap 2 : merumuskan keadaan saat iniPemahaman akan posisi perusahaansekarang dari tujuan yang hendak di capai atau sumber daya-sumber daya yang tersediauntuk pencapaian tujuan adalah sangat penting, karena tujuan dan rencana menyangkutwaktu yang akan datang. Hanya setelah keadaan perusahaan saat ini dianalisa, rencanadapat dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua inimemerlukan informasi-terutama keuangan dan data statistik yang didapat melaluikomunikasi dalam organisasi.
  3. Tahap 3 : mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatanSegala kekuatan dankelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasikan untuk mengukurkemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor lingkungan intren dan ekstern yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya,atau yang mungkin menimbulkan masalah. Walau pun sulit dilakukan, antisipasi keadaan,masalah, dan kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu mendatang adalahbagian esensi dari proses perencanaan.
  4. Tahap 4 : mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaiantujuanTahap terakhir dalam proses perncanaan meliputi pengembangaan berbagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan, penilaian alternatif-alternatif tersebut danpemilihan alternatif terbaik (paling memuaskan) diantara berbagai alternatif yang ada

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Faktor-Faktor Perkembangan Organisasi Dan Tahapan Perencanaan Pengembangan Organisasi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.

Oh iyya untuk sekarang labsmk.com akan sangat berterima kasih kepada anda jika anda senantiasa memberikan sedikit pengetahuan yang mungkin anda butuhkan untuk kedepannya , makasih pembaca yang baik selalu meninggalkan koment dan dan membagikan artikel ini ke social media milik anda

----Selamat Mencatat----

0 Response to "Faktor-Faktor Perkembangan Organisasi Dan Tahapan Perencanaan Pengembangan Organisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel