Friday, May 11, 2018

Upaya Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar

Di berbagai negara yang sulit mendapatkan air dengan cara mengebor atau menggali sumur, cara yang ditempuh adalah mengubah air laut menjadi air tawar. Jumlah air laut didunia ini jauh lebih banyak dari pada air tawar yang tersedia di daratan. Dibeberapa kota di indonesia, karena penduduknya telah padat misalnya penduduk yang berada dipinggiran pantai utara, misalnya daerah jakarta air sumur yang digunakan telah ada sebagian yang tercemar dengan air laut . Kejadian ini disebabkan penggunaan air tawar yang sangat banyak, dan diekplorasi dengan besar-besaran maka di daratan menjadi kekurangan cadangan air. dengan sifat air yang mudah berpindah tempat ini maka muncullah gerakan air laut menuju darat yang disebut gejala abrasi. Tentu saja air yang dijadikan komsumsi minum bagi sebagian penduduk menjadi kurang sehat. Karena mengandung banyak garam.


Senyampang dengan kebutuhan akan air bagi hidup dan kehidupan manusia maka upaya yang saat ini digalakkan adalah pengubahan air laut menjadi air tawar. Proses pengubahan yang telah banyak dilakukan di berbagai negara, Khususnya negara yang kekurangan air adalah dengan menggunakan proses :

  • Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Kimia Air laut
Dari segi fisika pemanasan dan kondensasi merupakan cara termudah untuk dilakukan. Melalui prinsip fisika yakni dengan pemanasan pada suhu 100 derajat cellcius dan tekanan 76 mm Hg maka air akan menguap, Hasil penguapan kemudian dikondensasikan akan diperoleh air tawar yang siap diminum. Pemanasan dalam jumlah yang banyak tentu membutuhkan energi yang amat banyak pula.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Upaya Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon