Upaya Memperoleh Air Bersih Dalam Sejarah Kerajaan Indonesia

Masalah air bersih juga perlu mendapatkan perhatian karena sbagian besar kebutuhan hidup kita berupa air bersih . Dengan 2 kg air bersih manusia diduga mampu bertahan hidup kurang lebih 2 hari. Dalam kehidupan sehari-hari , kebutuhan air samapai saat ini masih dapat dicukupi oleh bumi kita. jumlah air tawar yang tersimpan di bumi kita relatif kecil bila di bandingkan dengan jumlah air yang ada di dalam lautan. Namun demikian air dan seluruh kehidupan dimuka bumi ini membentuk ekosistem yang sangat ramah sehingga kehidupan dimuka bumi dapat berlangsung dengan baik



Air tawar sangat dibutuhkan oleh manusia baik untuk hidup maupun kehidupannya. Sejarah pedat penduduk dan sulitnya kehidupan dikota menjadi bukti bahwa pemukiman manusia selalu berkembang. Awalnya manusia merintis pemukiman kecil, selanjutnya menjadi lebih besar hingga terciptalah lingkungan desa. Dari beberapa desa menjadi kota telah banyak dirintis oleh para raja di jaman dahulu. hal ini ditandai dengan munculnya berbagai kerajaan pada kota-kota besar. Misalnya di jawa dikenal dengan kerajaan :

  • Mataram hindu,
  • Kerajaan kediri,
  • Jenggala
  • Majapahit
  • Singosari
  • Demak
  • Pajang
Hingga mataram islam yang berlangsung sekarang ini. Disumatra berkembang kerajaan:
  • Sriwijaya
  • Samodera Pasai
Disulawesi Kerjaan bugis dan sebagainya. Rintisan para raja inilah menumbuhkan tumbuhnya pemukiman diberbagai kota besar indonesia. Dengan pertumbuhan kota-kota besar yang pesat sampai saat ini kebutuhan lahan untuk pemukiman selalu identik dengan upaya untuk menyediakan air tawar bagi penduduknya. Banyak bukti sejarah yang menunjukkan bahwa pemukiman penduduk banyak di bangun di sepanjang daerah sungai.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Upaya Memperoleh Air Bersih Dalam Sejarah Kerajaan Indonesia yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


0 Response to "Upaya Memperoleh Air Bersih Dalam Sejarah Kerajaan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel