Aliran Energi Dalam Kehidupan Harmonisasi Alam

Dalam rantai makanan , di sinilah terdapat aliran energi dalam suatu ekosistem. Seperti telah diketahui bersama , bahwa sumber energi utama adalah cahaya matahari. Cahaya matahari masuk ke dalam ekosistem melalui produsen , dalam hal ini tumbuhan , dimana tumbuhan membutuhkan cahaya matahari dalam proses fotosintesa (fotosintesis). Dari proses fotosintesa dihasilkan energi kimia sebagai bentuk perubahan dari energi cahaya matahari. Selanjutnya energi kimia tersebut mengalir didalam ekosistem melalui berbagai tingkatan konsumen dalam rantai makanan , yakni :

  • Konsumen primer
  • Konsumen sekunder
  • Konsumen tarsier

Energi kimia dalam amsing-masing tingkatan konsumen digunakan untuk berbagai kegiatan mahkluk hidup seperti :
  • Bergerak
  • Tumbuh
  • Berkembang biak
  • Dan sebagainya
Jadi didalam ekosistem , selain terjadi saling memakan terjadi pula aliran energi seperti telah dijelaskan diatas.

Demikianlah komponen-komponen ekosistem terikat satu sama lain yakni kehidupan yang satu membutuhkan kehidupan lain. Harmonisasi kehidupan seemacam ini apabila salah satu komponen terganggu maka komponen lain juga akan mengalami kerusakan. Apabila ekosistem dapat lestari penghuninya pun juga akan lestari kehidupannya dan menjadi harmonis, gambar di atas adalah adanya kerjasama antara manusia dengan hewan peliharaanya yang serasi dan keduanya saling membutuhkan.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Aliran energi Dalam Kehidupan Harmonisasi Alam yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----

0 Response to "Aliran Energi Dalam Kehidupan Harmonisasi Alam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel