Monday, May 14, 2018

4 Penyebab Menurunnya Keanekaragaman Hayati Dalam Ekosistem

Ketidakmantapan ekosistem ini disebabkan jumlah manusia dibumi cenderung meningkat populasinya , sedangkan spesies tumbuhan yang diproduksi hanya sejenis , misalnya : manusia di indonesia hanya cenderung menanam padi,gandum,jagung dan palawija. Hal ini mengakibatkan hewan yang dapat diternak hanyalah sapi,domba,kerbau,dan sebangsanya. Dengan demikian populasi mahkluk hidup lainnya tidak disediakan komsumsi bahan makanannya. Tentu bagi mahluk hidup yang tak disediakan sumber makanan keadaannya menjadi tertekan dan diprediksi tidak dapat bertahan lama hidup di muka bumi.


Penurunan keanekaragaman hayati dalam ekosistem pada umumnya disebabkan oleh pengaruh empat hal, yakni :
  • Terjadinya penyederhanaan keanekaragaman mahluk hidup dimuka bumi. Hal ini akan dapat berakibat banyaknya hama penyakit yang berpengaruh negatif. Pengaruh tersebut adalah rentannya kehidupan mahkluk hidup dimuka bumi.
  • Mono kultur terhadap kemantapan ekonomi. Tanaman dan hewan yang kurang beragam yang dipelihara oleh manusia berakibat terbatasnya akses ekonomi manusia.
  • Penyederhanaan mahkluk hidup terhadap habitat dapat menyebabkan lingkungan tak subur atau seringkali terabaikan pengelolaannya. Tanah yang tandus semakin rusak dan tak mendapatkan perhatian.
  • Kurangnya keanekaragaman ekonomi terhadap stagnasi ekonomi di kota. Peredaran sumber daya makanan, sumber daya alam dan mengakibatkan akses hidup masyarakat khususnya kehidupan ekosistem dan masyarakat khususnya kehidupan ekosistem dan masyarakat di pelosok desa ada kecendrungan terabaikan.
Oleh sebab itu diperlukan upaya agar terdapat keseimbangan ekosistem dan tujuannya adalah agar tak terjadi penurunan nilai dari ekosistem manusia itu sendiri. Disadari bahwa dalam kehidupan selalu terdapat ketergantungan antara satu terhadap yang lain, atau yang satu menunjang yamg lain.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang 4 Penyebab Menurunnya Keanekaragaman Hayati Dalam Ekosistem yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon