Monday, May 7, 2018

3 Sumber Emisi Gas Dan Penyebabnya Dalam mesin Bermotor

Sumber utama yang menyebabkan emisi gas buang pada kendaraan bermotor adalah tanki bahan bakar, karburator (mesin bensin) , ruang engkol dan saluran pembuangan) knalpot. Tanki dan karburator mengeluarkan uap bensin ke udara seehingga akumulasi dari banyak mesin dapat menghasilkan polusi udara. Bensin memiliki sifat mudah menguap dan pada suhu 40 bensin dapat menguap dengan cepat sebanyak (10-60%) dan pada suhu yang lebih tinggi akan menguap lebih banyak lagi. Keluarnya limbah dari ruang engkol terjadi karena setiap mesin membutuhkan ventilasi untuk memasukkan udara . 



Ruang ventilasi inilah yang memungkinkan uap bensinleat saluran ini . Selanjutnya knalpot merupakan pengeluaran sisa hasil pembakaran bahan bakar . gas buang tersebut merupakan hasil sisa pembakaran antara bahan bakar dengan udara dan keluar lewat knalpot dan terampu dengan oksigen di udara.

Dengan demikian ada tiga jenis limbah yang meenyebabkan pencemaran udara yakni :

  • Gas buang
  • Gas ruang engkol
  • Uap bahan bakar
Gas buang meupakan gas yang dikeluarkan melaui pipa pembuangan yang merupakan produk sisa pembakaran . gas ruang engkol merupakan limbah gas yang dikeluarkan dari tanki dan karburator pada mesin bensin . Ketiga jenis inilah yang akhirnya dihirup oleh manusia pada lingkungan kerjanya . Semua limbah ini berbahaya bagi kesehatan manusia.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang 3 Sumber Emisi Gas Dan Penyebabnya Dalam mesin Bermotor yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon