10 Soal Tanya Jawab Perncanaan Kerja 1

10 Soal Tanya Jawab Perncanaan Kerja 1




1.Jelaskan Pengertian Peta Kerja.?
Jawab :
Peta kerja adalah suatu alat yang mengambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan jelas, (biasanya kerja produksi). Lewat peta-peta ini kita bisa melihat semua langkah atau kejadian yang dialami oleh suatu benda kerja dari mulai masuk ke pabrik (berbentuk bahan baku) kemudian mengambarkan semua langkah yang dialaminya, seperti transportasi, operasi mesin , pemeriksaan dan perakitan,sampai akhirnya menjadi produk jadi, baik produk lengkap, atau merupakan bagian dari produk lengkap.

2.Jelaskan pengertian ergonomi dalam menganalisa dan merencanakan sesuatu?
Jawab :
Ergonomika atau (kurang tepat) ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktikkan teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.

3.Apa yang dimaksud dengan pengukuran waktu Jam Henti?
Jawab :
Pengukuran waktu jam henti (stop watch) adalah suatu cara untuk menentukan waktu baku yang pengamatannya langsung dilakukan di tempat berlangsungnya suatu aktivitas atau berlangsungnya suatu pekerjaan dengan menggunakan alat utamanya adalah jam henti (stop watch) yaitu dengan mengamati saat mulainya pekerjaan itu hingga berakhirnya pekerjaan/aktivitas yang meliputi : waktu setting, waktu operasi dan waktu inspeksi.

4.Tuliskan perbedaan antara metode jam henti dan metode work sampling?
Jawab :
Work Sampling adalah suatu teknik untuk mengadakan sejumlah besar pengamatan terhadap aktifitas kinerja dari mesin, proses atau pekerja/operator (Sritomo Wignjosoebroto, 2003). Perbedaan metode Jam Henti dengan Sampling Pekerjaan adalah pada cara Sampling Pekerjaan pengamat tidak terus menerus berada ditempat pekerjaan melainkan mengamati hanya pada sesaat-sesaat pada waktu-waktu tertentu yang ditentukan secara acak.

5.Apa yang dimaksud dengan tata kerja dan sebutkan komponennya?
Jawab :
Teknik tata cara kerja adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan untuk mempelajari prinsip-prinsip dan teknik-teknik guna mendapatkan suatu rancangan system kerja yang terbaik.
System kerja terdiri dari empat komponen yaitu:
  • Manusia
  • Bahhan
  • Pelengkapan
  • Peralatan
6.Apa yang dimaksud dengan peta kerja?
Jawab :
Peta kerja merupakan alat yang dapat menggambarkan aktivitas kerja, yang secara systematis dan jelas dalam mengumpulkan semua fakta yang berkenaan dengan system kerja yang diamati. Sehingga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan fakta tersebut kepada orang lain.

7.Sebutkan kegunaan peta proses?
Jawab :
Kegunaan peta proses operasi yaitu:
  • Bias mengetahui kebutuhan akan mesin dan penganggarannya.
  • Bias memperkirakan kebutuhan akan bahan baku
  • alat untuk menentukan tata letak pabrik
  • Sebagai alat untuk latihan kerja
  • Sebagai alat untuk melakukan perbaikan cara kerja yang sedang dipakai
8.Apa yang dimaksud dengan peta aliran proses?
Jawab :
Peta aliran proses merupakan suatu peta kerja yang menunjukkan urutan-urutan aktivitas dari operasi, pemeriksaan, transportasi, menuggu dan penyimpanan yang terjadi selama suatu proses atau prosedur berlangsung. Serta didalamnya memuat pula informasi-informasi yang diperlukan untuk analisa seperti waktu yang dibutuhkan dan jarak pindah.

9.Sebutkan kegunaan peta tangan kiri dan tangan kanan?
Jawab :
  • Menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan
  • Menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif, sehingga tentunya akan mempersingkat waktu kerja.
  • Sebagai alat untuk menganalisa tata letak stasiun kerja.
  • Sebagai alat untuk melatih pekerja baru dengan cara kerja tang ideal.
10.Tuliskan ruang lingkup teknik tata kerja?
Jawab :
Ruang lingkup teknik tata cara kerja dapat dibagi dalam dua bagian yaitu:

  • Pengaturan kerja berisi prinsip-prinsip mengatur komponen-komponen system kerja untuk mendapatkan alternatif-alternatif system kerja terbaik. Pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pengaturan terhadap perkerja bahan peralatan dan perlengkapan serta lingkungan kerja dipelajari melalui apa yang dinamakan ergonomic, studi gerakan, ekonomi gerakan.
  • Pengukuran kerja. Pengukuran kerja yang baik tentang kebaikan suatu system kerja yaitu waktu, tenaga, psikologi, dan sosiologi,  artinya suatu system kerja dinilai baik jika system ini memungkinkan waktu penyelesaian sangat singkat. 


0 Response to "10 Soal Tanya Jawab Perncanaan Kerja 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel