Pengenalan Dan Fungsi Alat-Alat Laboratorium Mikrobiologi

MENGENAL ALAT-ALAT MIKROBIOLOGI
Sebelum kita bekerja atau melakukan praktikum di laboratorium mikrobiologi ada baiknya kita terlebih dahulu mengenal alat-alat laboratorium mikrobiologi beserta fungsinya . sebagai seorang analis sangat penting mengenal peralatan apa saja yang akan kita butuhkan saat bekerja atau praktek dilaboratorium .



  1. Ose / jarum inokolum (inoculating loop) Jarum inokolum berfungsi untuk memindahkan biakan untuk ditanam / ditumbuhkan ke media baru . jarum inokolum biasanya terbuat dari kawat nichcrome atau platinum sehingga dapat berpijar jika terkena panas. Bentuk jarum dapat berbentuk lingkaran (loop) dan disebut ose atau inoculating  loop/transfer loop dan yang berbentuk lurus disebut inoculating needle/transfer needle. Inoculating loop cocok untuk melakukan streak di permukaan agar , sedangkan inoculating needle cocok digunakan untuk inokulasi secara tusukan pada agar tegak (stap inoculating)
  2. Pipet volume Pipet volume adalah alat yang berfungsi sebagai pengambil larutan atau sampel sesuai dengan jumlah yang kita tentukan
  3. Tabung reaksi (Reaction tube / test tube) Tabung reaksi digunakn untuk uji-uji biokimiawi dan menumbuhkan mikroba .tabung reaksi dapat diisi media padat maupun cair. Tutup tabung reaksi dapat berupa kapas, tutup metal, tutup plastik ataupun alumunium foil. Media padat yang dimasukkan ke tabung reaksi dapat diatur menjadi 2 bentuk menurut fungsinya, yaitu media agar tegak (deep tube agar) dan agar miring (slants agar). Untuk membuat agar miring perlu diperhatikan tentang kemiringan media yaitu luas permukaan yang kontak dengan udara tidak terlalu sempit atau tidak terlalu lebar dan hindari jarak media yang terlalu dekat dengan mulut tabung karena memperbesar resiko kontaminasi . untuk alasan efesiensi , media yang ditambahkan berkisar 10-12 ml tiap tabung.
  4. Labu erlenmeyer (erlenmeyer flask) Berfungsi untuk menampung larutan ,bahan atau cairan yang . labu erlenmeyer dapat digunakan untuk meracik dan menghomogenkan bahan-bahan komposisi media , menampung aquades,kultivasi mikroba dalam kultur cair,dll. Terdapat beberapa pilihan berdasarkan volume cairan yang dapat ditampungnya yaitu 25 ml , 50ml, 100 ml, 250 ml, 300 ml, 500 ml, 1000 ml.
  5. Gelas piala (beaker glass) Beaker glass merupakan alat yang memiliki banyak fungsi . didalam mikrobiologi, dapat digunakan untuk preparasi media-media, menampung aquades dll.
  6. Gelas ukur (graduated cylinder) Berguna untuk mengukur volume suatu cairan seperti labu erlenmeyer, gelas ukur memiliki beberapa pilihan berdasarkan skala volumenya. 
  7. Cawan petri (petri dish) Cawan petri berfungsi untuk membiakkan (kultivasi) mikroorganisme. Medium dapat dituang ke cawan bagian bawah dan cawan bagian atas sebagai penutup. Cawan petri tersedia dalam berbagai macam ukuran , diameter cawan yang biasa berdiameter 15 cm dapat menampung media sebanyak 15-20 ml, sedangkan cawan petri berdiameter 9 cm kira-kira cukup diisi media sebanyak 10 ml. 
  8. Batang L (L road) Batang L bermanfaat untuk menyebarkan cairan di permukaan mediaagar supaya bakteri yang tersuspensi dalam cairan tersebut  tersebar merata . aalat ini juga disebut spreader.
  9. Tabung durham (durham tube) Tabung durham yaitu tabung yang memiliki bentuk yang sama dengan tabung reaksi tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding tabung reaksi . berfungsi untuk menampung hasil fermentasi mikroorganisme berupa gas. Dalam penggunaanya , maka tabung durham itu ditempatkan terbalik didalam penggunaannya. Maka tabung durham itu ditempatkan terbalik didalam tabung reaksi yang lebih besar  dan tabung ini kemudian diisi dengan medium cair. Setelah seluruhnya disterilkan dan medium sudah dingin, maka dapat dilakukan inokulasi jika bakteri yang ditumbuhkan dalam media tersebut memang menghasilkan gas maka gas akan tampak sebagai gelembung pada dasar tabung durham. 
  10. Autoklaf ( autoclave)  Autoclaf adalah alat pemanas tertutup yang digunakan untuk menssterilkan suatu benda menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi (1210C, 15 lbs) selama kurang lebih 15 menit)
  11. Oven Oven berfungsi untuk sterilisasi kering. Alat-alat yang disterilkan menggunakan oven antaralain peralatan gelas seperti cawan petri, tabung reaksi, dll. Sterilisasi kering dengan oven dilakukan dengan cara memanaskan dengan suhu 1800C selama 1 jam.
  12. Inkubator (incubator) Inkubator adalah alat untuk menginkubasi atau memeram mikroba pada suhu yang terkontrol . alt ini dilengkapi dengan pengatur suhu dan waktu.
  13. Penangas air (water bath) Penangas air berfunsi untuk menyimpan media agar (yang digunakan untuk anlisa dengan teknik tuang / pure plate ) supaya media tetap dalam kondisi leleh/cair biasanya suhu diatur pada kisaran 40-45 0C. Untuk menjaga air pada penangas air tidak terkontamisasi mikro organisme maka perlu ditambahkan citric acid 0.3% dan pottasium sorbat 0.1%
  14. Timbangan digital  (neraca digital) Neraca digital berfungsi untuk menimbang media dan juga sample atau contoh uji saat preparasi
  15. Luminar air flow (biological safety cabinet) biological safety cabinet (BSC). Atau dapat juga disebut luminar air flow (LAF) adalah alat yang berguna untuk bekerja secara asepts karena BSC mempunyai pola pengaturan dan penyaring aliran udara sehingga menjadi steril dan aplikasi sinar UV beberapa jam sebelum digunakan
  16. Colony counter Alat ini berguna untuk mempermudah perhitungan koloni yang tumbuh setelah diinkubasi didalam cawan karena adanya kaca pembesar . selain itu alat tersebut dilengkapi dengan skala/ kuadran yang sangan berguna untuk pengamatan pertumbuhan koloni sangat banyak jumlah koloni pada cawan petri dapat ditandai dan dihitung otomatis yang dapat di reset.
  17. Waterbath incubator Water bath incubator adalah alat untuk menginkubasi atau memeram bakteri E-coli pada suhu yang terkontrol . alat ini dilengkapi dengan pengatur suhu dan pengatur waktu.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengenalan Dan Fungsi Alat-Alat Laboratorium Mikrobiologi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----

0 Response to "Pengenalan Dan Fungsi Alat-Alat Laboratorium Mikrobiologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel