Thursday, January 18, 2018

Latar Belakang Materi MSDS

Tags

MSDS
adalah dokumen yang dibuat khusus tentang suatu bahan kimia mengenai pengenalan umum, sifat-sifat bahan, cara penanganan, penyimpanan, pemindahan dan pengelolaan limbah buangan bahan kimia tersebut. Berdasarkan isi dari MSDS maka dokumen tersebut sebenarnya harus diketahui dan digunakan oleh para pelaksana yang terlibat dengan bahan kimia tersebut yakni produsen, pengangkut, penyimpan, pengguna dan pembuang bahan kimia. 





Pengetahuan ini akandapat mendukung budaya terciptanya kesehatan dan keselamatan kerja. Ketersediaan MSDS dilaboratorium di perguruan tinggi saat ini belum memasyarakat padahal ketersediaan MSDS cukup penting dan digunakan juga sebagai salah satu kriteria laboratorium standar. MSDS di perguruantinggi di !ndonesia umumnya hanya tersedia di perpustakaan. Saat ini masih banyak mahasiswa, teknisi laboratorium termasuk dosen yang belum mengenal MSDS, meskipun mereka rutin berkecimpung dengan aktifitas yang melibatkan kontak dengan bahan kimia. 


Berdasarkan permasalahan di atas maka diperlukan penyebarluasan informasi tentang MSDS khususnya pada mahasiswa dikatikan dengan pelaksanaan riset dengan tugas akhir dilaboratorium. hal ini dapat dipahami karena bahan kimia dapat memiliki tipe reaktifitas kimiatertentu dan juga dapat memiliki sifat mudah terbakar.untuk dapat mendukung jaminan kesehatan dan keselamatan kerja maka para pelaksana yang bekerja di laboratorium termasuk mahasiswa harus mengetahui dan memiliki pengetahuan sertaketerampilan untuk menangani bahan kimia khususnya dari segi potensi bahaya yang mungkinditimbulkan arsip,informasi atau pengetahuan yang harus diketahui pelaksana dilaboratorium kimia yang diberikan oleh Phifer dkk  salah satunya adalah informasi tentang Material Safety Data Sheet &MSDS. 

Pada kesempatan ini akan dibahas pentingnya pengenalan MSDS dan semua aspek yang terkait dengan MSDS bagi mahasiswa di perguruan tinggi di!ndonesia khususnya serta implementasi MSDS dalam pelaksanaan riset di laboratorium. Secara garis besar, MSDS mengandung informasi tentang uraian umum bahan kimia, sifatfisik dan kimiawi, cara penggunaan, penyimpanan, dan pengelolaan bahan buangan. MSDS dibuatoleh berbagai pihak seperti produsen bahan, institusi yang bergerak dan terkait dengan kesehatan dankeselamatan kerja, industri atau perguruan tinggi. Terkait dengan kepentingan para pembuat MSDS maka format dokumen MSDS tidak seragam dan masing-masing mungkin menonjolkan uraian yangterkait dengan kepentingan mereka. Akan tetapi terdapat beberapa informasi yang minimal terdapat pada MSDS secara umum. 


Bekal pendidikan dan keterampilan bagi mahasisia diperoleh dari perguruan tinggi melalui paket kegiatan belajar yang ditempuh sebelum lulus. untuk mahasiswa dalam bidang disiplin ilmu kimia dan beberapa ilmu lain harus memiliki keterampilan bekerja dilaboratorium kimia. Keterampilan ini diharapkan sebagai modal untuk menjalankan pekerjaan nantinya setelah menjadi sarjana baik di industri, institusi riset atau perguruan tinggi. Dalam hal bekerja di laboratorium kimia, mahasiswa juga harus mendukung upaya kesehatan dan keselamatankerja di laboratorium. Berbagai hal tentang pengetahuan bahaya khususnya tentang bahan kimiaharus diketahui oleh mahasiswa.Budaya bekerja dengan mendukung upaya kesehatan dan keselamatan kerja saat ini perlu dikenalkan secara awal bagi mahasiswa, sehingga akan terbiasa padasaat memasuki dunia kerja nantinya.Laboratorium kimia adalah tempat dilaksanakannya berbagai aktifitas yang melibatkan pemakaian bahan kimia tertentu. laboratorium di perguruan tinggi memiliki fungsi utama sebagai tempat mahasiswa untuk melaksanakan riset dan kegiatan praktikum. 


Dalam melaksanakan riset,kontak oleh mahasiswa dengan bahan kimia akan terjadi baik langsung maupun tidak langsung.Setelah memasuki dunia kerja maka akan dijumpai laboratorium kimia di bidang institusi riset atauindustri. Dalam lapangan industri, laboratorium kimia didirikan untuk keperluan kualitas kontrol produksi atau untuk bagian riset dan pengembangan. Selain di laboratorium, untuk staf yang bekerjadi industri pada bagian produksi pun sering melibatkan aktifitas yang melibatkan kontak dengan bahan kimia. Bekal tentang pengetahuan bahan kimia perlu dimiliki mengingat bahan kimia memiliki potensi untuk menimbulkan bahaya baik terhadap kesehatan maupun dapat menimbulkan bahaya kecelakaan.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Latar Belakang Materi MSDS yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon