5 Jenis Antibiotik Berdasarkan Mekanisme Kerja

Pembagian antibiotik dapat dibagi berdasarkan luasnya aktivitas antibiotik,aktivitas dalam membunuh serta berdasarkan mekanisme obat antibiotik tersebut.Berdasarkan luasnya aktivitas, antibiotik dibagi menjadi antibiotik spektrumluas dan spektum sempit. Istilah luas mengandung arti bahwa antibiotik ini dapatmembunuh banyak jenis bakteri sedangkan sebaliknya, istilah sempit hanyadigunakan untuk membunuh bakteri yang spesifik yang telah diketahui secarapasti. Penggunaan spektrum luas digunakan apabila identifikasi kuman penyebabsusah dilakukan namun kerugiaanya dapat menghambat pula bakteri flora normaldalam tubuh.


Berdasarkan aktivitas dalam membunuh, antibiotik dibagai menjadiBactericidaldan Bacteristatic. Antibiotik yang mempunyai sifat bakterisidalmembunuh bakteri target dan cenderung lebih efektif serta tidak perlumenggantungkan pada sistem imun manusia. Sangat perlu digunakan pada pasiendengan penurunan sistem imun. Yang termasuk baterisidal adalah β-lactam,aminoglycoside, dan quinolone. Bakteriostatik justru bekerja menghambatpertumbuhan bakteri dan dapat memanfaatkan sistem imun host obatbakteriostatik yang khas adalahtetracyclin e,sulfonamide,tetracyclin e, danclindamycin


Bedasarkan mekanisme kerja, antibiotik dibagi menjadi 5 jenis, yaitu :
  1. Penghambatan sintetis dinding bakteri
  2. Penghambat membran sel
  3. Penghambatan sintetis protein di ribosom
  4. Penghambatan sintetis asam nukleat
  5. Penghambatan metabolik (antagonis folat)

Dari masing-masing golongan terdapat mekanisme kerja, farmakokintetik,farmakodinamik, serta aktivitas antimikroba yang berbeda-beda. Perbedaan inimenyebabkan perbedaan kegunaan di dalam klinikKarena perbedaan ini jugamaka mekanisme resisistensi dari masing-masing golongan juga mengalami perbedaan.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang 5 Jenis Antibiotik Berdasarkan Mekanisme Kerja yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----

0 Response to "5 Jenis Antibiotik Berdasarkan Mekanisme Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel