Monday, December 4, 2017

Usaha Penanggulangan Pencemaran Air

Tanpa air sulit dibayangkan adanya kelestarian kehidupan. Oleh karena itu usaha menjaga dan menjamin ketersediaan air dalam arti luas baik dalam hal kuantitas maupun kualitas (mutu) merupakan usaha yang sangat penting. Berkaitan dengan hal tersebut maka segala bentuk usaha yang bersifat terpadu dan berpotensial menimbulkan pencemaran perlu mendapat perhatian yang serius . Misalnya industri-industri yang berpotensi menghasilkan limbah seperti industri kosmetik,logam,cat harus memenuhi persyaratan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), pemberian pupuk dan pestisida, ataupun pemberian pakan untuk perikanan dalam air deras atau karamba harus sesuai takaran.


Salah Satu Bentuk Partisipasi Pembela Lingkungan

Usaha mengatasi bahaya pencemaran air dapat pula dilakukan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan . Beberapa jenis tumbuhan yang diketahui mampu membantu menanggulangi pencemaran yaitu eceng gondok (Euchornia Crassipes) dan bakau (Famili Rhozophoraceae). Enceng gondok pada batas tertentu diketahui mampu mengurangi akibat pencemaran oleh logam berat misalnya raksa (merkuri).


Tanaman bakau atau sebagian besar anggota famili Rhozophoracae) diketahui mampu mengurangi resapan air pencemaran air lainnya  yaitu pembangunan tempat-tempat penjernihan air dan pembuatan alat penyaring yang bertujuan untuk memperoleh air bermutu baik untuk keperluan rumah tangga.Teknik penyaringan dengan menggunakan alat-alat seperti ini semakin lama semakin rumit disesuaikan dengan makin tingginya tingkat dan sifat pencemaran. 


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Usaha Penanggulangan Pencemaran Air yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon