Tuesday, December 5, 2017

Uji Asam Thio Barbiturat (TBA TEST)

Uji ini berdasarkan atas terbentuknya pigmen berwarna merah sebagai hasil dari reaksi kondensasi antara 2 molekul TBA dengan 1 molekul molonat dialdehida. Persenyawaan maloneldehida secara teoritis dapat dihasilkan oleh pembentukan di-peroksida secara teoritis dapat dihasilkan oleh pembentukan di-peroksida pada gugus pentadiena yang disusul dengan pemutusan rantai molekul atau dengan cara oksidase lebih lanjut dari 2-enol yang dihasilkan dari penguraian monohidro peroksida.


Reaksi TBA

Uji TBA ini merupakan uji yang spesifik untuk hasil oksidasi asam lemak tidak jenuh (P.U.F.A), dan baik diterapkan untuk uji terhadap lemak pangan yang mengandung asam lemak dengan derajat ketidakjenuhan lebih tinggi. Hal tersebut terjadi pada kasus bahan yang mengandung asam lemak dengan derajat ketidakjenuhan yang lebih tinggi dari asam linoleat, yang dapat mempengaruhi stabilitas flavor.

Kentungan lain dari uji tersebut adalah karena TBA dapat digunakan langsung untuk menguji lemak dalam suatu bahan tanpa mengekstraksi fraksi lemaknya.


Tetapi beberapa persyaratan persenyawaan selain hasil oksidasi lemak mungkin menghasilkan warna merah dengan uji TBA. Pada umumnya hasil oksidasi lemak berupa asam, tersuling bersama dengan uap dan selanjutnya terhadap destilat dilakukan uji TBA.

Telah diketahui pula bahwa asam thio barbiturat bersifat tidak stabil dan mengalami dikomposisi di bawah kondisi pengujian (yaitu dengan adanya pemanasan dan asam keras), terutama adanya peroksida. Hasil degradasi tersebut mempunyai warna yang sama (diabsorbsi dengan panjang gelombang yang sama) dengan komplek TBA malonaldehida. Kelemahan lainnya dari uji tersebut adalah karena pengujian terhadap daging sukar dilakukan, karena pereaksi TBA dicemari oleh persenyawaan nitrit dalam daging.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Uji Asam Thio Barbiturat (TBA TEST) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon