Sunday, December 17, 2017

Neraca Analitik Laboratorium Dan Petunjuk Penggunaannya

Tags

Timbangan/Neraca
Timbangan yang digunakan di laboratorium terdiri dari bermacam-macam jenis maupun merek. Yang penting diketahui adalah kapasitas dan ketelitian timbangan-timbangan yang akan digunakan yaitu apakah timbangan kasar/teknis, sedang atau halus. Timbangan halus mempunyai ketelitian sampai 0,1 mg bahkan 1 microgram = 0,001 mg.


Neraca Analitik

Jenis timbangan mana yang akan dipakai tergantung dari tujuannya, misalnya untuk penentuan kadar air atau abu harus digunakan neraca analitik dengan ketelitian 0,1 mg, sedang untuk menimbang bahan kimia yang akan dibuat menjadi larutan jenuh cukup menggunakan timbangan yang lebih kasar.

Beberapa petunjuk penting dalam menggunakan timbangan , yaitu :

  1. Duduklah tepat menghadap timbangan untuk menghindarkan kesalahan pembacaan.
  2. Periksalah timbangan apakah bekerja baik atau tidak.
  3. Periksalah kedudukan timbangan (harus datar air), juga sikap nol yang ditunjukkan alat penunjuknya. Aturlah bila tidak menunjukkan keadaan yang semestinya.
  4. Hindarkan menimbang bahan yang panas (jika mungkin).
  5. Janganlah menimbang bahan ataupun khemikalia langsung diatas pan penimbang, tapi gunakan wadah yang cocok seperti gelas arloji,botol timbang,krus,gelas piala kecil,kertas.

Botol Timbang

Alat-alat wadah tersebut harus bersih dan sudah dikeringkan dalam oven 110 derajat celcius kemudian didinginkan pada suhu kamar dala eksikator selama 15 menit demikian pula bila akan menimbang sesuatu yang panas harus didinginkan terlebih dahulu dengan cara yang sama.
  • Selama menimbang gunakanlah alat-alat yang digunakan untuk menaruh atau mengambil wadah untuk menimbang bahan, anak timbangan dan lain-lainnya jangan sekali-kali langsung dipegang dengan tangan. Alat-alat tersebut dapat berupa penjepit,pinset untuk menaruh atau mengambil wadah, sedangkan untuk bahan kimia dapat diambil dengan sendok tanduk,spatula,atau pipet (untuk bahan cair).
Gegep Besi

  • Setiap menambah atau mengurangi beban di pan penimbang timbangan harus dalam keadaan tidak bergerak atau bergoyang.
  • Jangan menimbang melebihi kapasitas timbangan.
  • Bila selesai menimbang , bersihkan alat timbangan dan kembalikan dalam keadaan terkunci.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Neraca Analitik Laboratorium Dan Petunjuk Penggunaannya yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon