Sunday, December 3, 2017

Bahaya Limbah Pertanian Dan Limbah Pemukiman Terhadap Air

Limbah Pertanian
Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan dapat mengakibatkan pencemaran air. Kelebihan pupuk yang memasuki wilayah perairan akan menyuburkan tumbuhan air, seperti ganggang dan eceng gondok sehingga dapat menutupi permukaan air. Akibatnya sinar matahari sulit masuk kedalam air sehingga mematikan fitoplankton dalam air.


Limbah Pertanian

Akibat lebih lanjut,sampah organik dari ganggang dan eceng gondok akan menghabiskan oksigen terlarut sehingga ikan-ikan tidak dapat hidup. Sedangkan sisa pestisida yang masuk wilayah perairan dapat mematikan ikan-ikan atau diserap oleh mikroorganisme kemudian masuk ke dalam rantai makanan.


Limbah Pemukiman
Pemukiman menghasilkan limbah , misalnya sampah dan air buangan yang mengandung detergen . Limbah pemukiman dalam jumlah banyak yang masuk ke dalam perairan akan mengganggu ekosistem perairan.

Didalam perairan, sampah diuraikan oleh mikroorganisme . Akibat proses penguraian tersebut , kandungan oksigen dalam air sangat merugikan biota , misalnya berbagai jenis ikan yang hidup di perairan tersebut.

Limbah Pemukiman

Limbah pemukiman yang paling potensial mencemari air adalah detergen. Limbah detergen sangat sulit diuraikan oleh mikroorganisme . Detergen mengandung senyawa fosfat yang merangsang pertumbuhan ganggang dan enceng gondok sehingga pertumbuhannya tidak terkendali.Akibanya ekosistem air akan terganggu.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Bahaya Limbah Pertanian Dan Limbah Pemukiman Terhadap Air yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon