Saturday, December 2, 2017

3 Kandungan Limbah Industri Dalam Pencemaran Air

Air bersih dapat tercemar oleh berbagai macam limbah. Peristiwa ini disebut pencemaran air, yaitu masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan perairan sehingga kualitas air (mutu) air menjadi terganggu. Sumber pencemar yang paling umum berasal dari limbah industri,pertanian,dan pemukiman.

Contoh Pembuangan Limbah Industri

Limbah industri (limbah pabrik yang mengandung logam berat seringkali dialirkan atau dibuang ke sungai. Akibat dari pembuangan limbah ini , sungai menjadi tercemar. Jenis-jenis logam berat yang terdapat dalam limbah industri antara lain :

  1. Raksa
  2. Timbal
  3. Kadmium

Logam berat tersebut merupakan bahan pencemar yang sangat berbahaya bagi manusia . Jika air sungai yang tercemar ini mengalir ke laut maka air laut juga menjadi tercemar ini mengalir ke laut maka air laut juga menjadi tercemar. Logam berat yang masuk kedalam hewan laut seperti ikan ,udang,dan kerang akan terkumpul didalam tubuhnya, sehingga jika hewan laut ini dikomsumsi manusia, akibatnya sangat berbahaya.


Sekitar tahun 1953 sampai 1960 Jepang tercatat 111 orang meninggal atau cedera karena memakan ikan yang berasal dari teluk Minamata yang dikenal dengan tragedi Minamata. Teluk ini telah tercemar merkuri dari sebuah pabrik plastik. Kemudian pada tahun 1966 di Guatemela tercatat 20 orang meninggal dan 45 orang cedera keracunan merkuri.

Bahan pencemar yang berasal dari limbah pabrik juga dapat meresap ke dalam air tanah yang menjadi sumber air untuk minum,mencuci,dan mandi. Biasanya air tanah yang tercemar sukar sekali dikembalikan menjadi air bersih.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Kandungan Limbah Industri Dalam Pencemaran Air yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon