Thursday, December 14, 2017

2 Macam Cara Penyaringan Bahan Kimia

Penyaringan
Penyaringan bertujuan untuk memisahkan suatu cairan dari bahan padat yang terdapat pada cairan itu dengan cara melarutkan cairan pada bahan penyaring, misalnya kertas saring. Bahan-bahan penyaring terdiri dari bermacam-macam jenis, yaitu :

  • Kertas saring
  • Krus Gooch
  • Fiber glass
  • Krus sintered glass
  • Krus porselin yang porous
Bahan-bahan penyaring tersebut memiliki ukuran porositas yang bermacam-macam.


Ada dua macam cara penyaringan , yaitu :
  1. Penyaringan tanpa pengisapan (gravity filtration), yaitu filtrat melewati penyaring karena pengaruh gaya gravitasi dan tarik menarik kapiler antara cairan dengan dinding batang corong.
  2. Penyaringan dengan pengisapan (vacuum viltration), dengan cara ini akan terdapat perbedaan tekanan di antara penyaring sehingga penyaringan menjadi lebih cepat.

Proses Penyaringan

Cara manakah yang akan dipakai tergantung dari kecermatan yang diinginkan (apakah endapan yang disaring harus semuanya tertampung dan ada yang hilang), waktu yang diperlukan untuk penyaringan dan sifat endapan yang disaring. Penyaringan tampa pengisapan menggunakan kertas saring dan corong gelas yang berbentuk kerucut . Cara ini lambat tapi sangat baik terutama dalam analisa secara gravimetris bila dibandingkan dengan penyaringan yang menggunakan pengisapan, karena kemungkinan hilangnya endapan adalah kecil. Juga bahan-bahan yang bersifat gelatin lebih baik disaring dengan cara seperti ini sebab apabila penyaringan dilakukan dengan pengisapan, endapan akan segera menutup pori-pori penyaring sehingga tersumpat. Penyaringan dengan pengisapan cocok terutama untuk endapan yang berupa kristal (crystaline).

Kertas saring yang digunakan ada beberapa jenis diantaranya kertas saring biasa,kertas saring bebas abu dan lain-lain. Masing-masing jenis kertas saring tersebut dibuat dalam bermacam-macam ukuran maupun tingkat porositasnya.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang 2 Macam Cara Penyaringan Bahan Kimia yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon