Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekstur Tanah Dan Jenis-Jenisnya

Tekstur Tanah
Tekstur tanah adalah perbandingan relatif dari partikel tanah dalam satu massa tanah, terutama perbandingan antara fraksi liat,debu, dan pasir. Hubungan dengan penelitian adalah untuk mengetahui jenis tanah di sekitar kawasan yang akan dibuka. Berikut adalah Pembagiannya :

Tekstur Tanah
  • Tanah Berpasir. Jenis tanah ini  kurang baik untuk pertanian, terutama untuk persawahan, karena sifat pelolosan airnya besar sekali, jadi memerlukan banyak air. Sebaliknya, tanah ini untuk dry farming atau usaha tani tanah kering, jenis tanah ini bisa digunakan. Tanah lempung berpasir atau loamy sand soils dapat dimasukkan ke dalam golongan tanah ini.
  • Tanah Berlempung atau logam soil. Tanah jenis ini sangat baik untuk pertanian, kecuali jika tanah itu telah terpengaruh oleh penggaraman atau menjadi asam  karena bahan-bahan yang membawa sifat asam pada tanah. Tanah jenis ini sangat lekat pegangannya antara satu dengan yang lainnya, baik pada keadaan musim kering maupun musim hujan.
  • Tanah Liat Berlampung atau clayed soil. Tanah dengan tekstur ini baik sekali untuk usaha tani persawahan . Apabila tanah jenis ini digunakan untuk usaha tani yang bersifat umum atau bercocok tanam palawija serta menanam lainnya maka kelembapannya perlu diawasi secara ketat. Pengawasan ini untuk menjaga kelembapan optimal tanaman tersebut agar dapat terjamin dengan baik Tekstur tanah ini menentukan tata air dalam tanah, berupa kecepatan infiltrasi, penetrasi serta kemampuan pengikatan air dalam tanah.
Nah itulah sedikit pembahasan tentang Tekstur Tanah Dan Jenis-Jenisnya yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.

----Selamat Mencatat----

Post a Comment for "Tekstur Tanah Dan Jenis-Jenisnya"