Monday, November 6, 2017

Perhitungan Jumlah Pada Lempengan (Standard Plate Count)

Kemurnian air minum sebenarnya sudah cukup terjamin bila lulus dalam tes-test tersebut diatas. Akan tetapi seringkali secara sukarela masih diadakan pengujian dengan menggunakan cara "menghitung jumlah koloni pada agar-agar lempengan yang telah ditetapkan, disingkat "penjumlahan pada lempengan" standard plate count. 

Standard Plate Count

Untuk ini , satu atau lebih ml air contoh dicampurkan ke dalam cawan agar-agar yang belum beku yang mengandung glukosa trip ton Setelah itu , sebagian dari cawan-cawan disimpan dalam suhu 20 derajat celcius selama 48 jam . Kalu jam-jam yang sudah ditentukan itu ditemukan pada masing-masing lempengan itu kurang dari pada standard yang telah ditetapkan , maka air dianggap murni.


Akhir-akhir ini ditemukan cara pengujian yang lebih cepat dan tepat, yaitu dengan menggunakan saringan halus yang dibuat dari pada semacam selulosa. Metode ini dikenal sebagai metode penyaringan (Membrane Filter Method). Dengan cara ini lebih banyak air contoh yang dapat dikerjakan misalnya 100 ml atau lebih. Contoh air dituangkan di dalam mangkuk yang dasarnya berupa saringan steril tak tembus bakteri. 


Air dapat dilewatkan dengan pertolongan pompa vakum mikroorganisme tertahan di atas membram penyaring. Kemudian membram penyaring di pindahkan ke satu dasar cawan yang berisi medium cair yang biasanya berkonsentrasi tinggi. Medium cair ini dapat merembes melalui membram penyaring , sehingga mikroorganisme-mikroorganisme yang ketinggalan di atas membram dapat tumbuh.

Cawan disimpan di dalam suhu 35 sampai 38 derajat celcius untuk 10 sampai 20 jam, kemudian jumlah koloni dapat dihitung, dan kalau perlu koloni yang mencurigakan dapat diselidiki lebih lanjut.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Perhitungan Jumlah Pada Lempengan (Standard Plate Count) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---


EmoticonEmoticon