Monday, November 20, 2017

Penjelasan Tentang Struktur Tanah

Struktur tanah adalah susunan agregat-agregat primer tanah secara alami menjadi bentuk tertentu atau menjadi agregat-agregat yang lebih besar yang dibatasi bidang-bidang tertentu. Struktur tanah ini memegang  peranan penting dalam pertumbuhan tanaman secara langsung ataupun secara tidak langsung. Pengaruh langsung terjadi pada akar tanaman. Apabila keadaan tanah lemah maka akar tanaman akan sukar menembus tanah. Pengaruh yang tidak langsung yaitu terhadap air, temperatur tanah, dan udara.



Ilustrasi Tanah

Tanah yang memiliki kondisi lemah diharapkan bagi usaha tani karena perbandingan antara bahan padat dengan ruang pori-pori seimbang. Keseimbangan perbandingan volume ini menyebabkan kandungan air dan udara cukup bagi pertumbuhan akar, sedangkan bahan padatnya menjadikan akar dapat bertahan kuat.

Kondisi remah yang baik adalah kondisi remah sedang. Kondisi remah bercerai-berai kurang baik bagi pemegang akar tanaman. Kondisi remah sedang cenderung agak bergumpal . Dengan struktur tanah lekat-lengket, tanah melengket kuat sehingga pada musim kemarau selalu timbul retak.


Tanah dengan tekstur yang kasar akan menciptakan struktur tanah yang ringan, dengan pori-pori besar lebih banyak dari pori-pori tanah yang kecil. Tanah dengan struktur yang halus akan menciptakan struktur tanah yang berat, dengan pori-pori tanah halus (kecil) yang lebih banyak daripada pori-pori yabg besar.

Dalam penelitian tentang tanah perlu diteliti tentang acidity (keasaman) dan salinitas (kadar garam) tanah. Acidity maupun salinitas tanah sangat berpengaruh pada tujuan akhir pembukaan dan penyiapan lahan pertanian. Gejala-gejala acidity dan salinitas ditandai oleh nilai pH. Tanah dikatakan netral (tidak bersifat asam dan juga tidak saline atau basa)pH antara 5,0 - 8,0 , di luar itu diperlukan tindakan yang harus menguntungkannya.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Penjelasan Tentang Struktur Tanah yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon