Sunday, November 5, 2017

Penjelasan Tentang Radiasi Bumi

Radiasi Bumi
Karena adanya radiasi matahari maka bumi menjadi benda yang beradiasi pula. Akan tetapi ,spektrum dari radiasi bumi merupakan gelombang panjang. Gelombang panjang ini tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Radiasi yang dipantulkan bumi itu terrestrial radiation (radial yang berkaitan dengan bumi.

Radiasi Bumi

Menurut jasil penyelidikan , lebih kurang 80%-90% dari radiasi bumi diabsorpsi oleh atmosfer. Diantara gas-gas yang ada di atmosfer pengarbsopsi radiasi bumi yang utama adalah CO2 dan uap air. Hilangnya radiasi bumi maksimal dicapai pada waktu langit cerah. Selama sianh hari sampai pukul kurang lebih 15.00 lebih banyak energi yang diterima matahari daripada yang di radiasikan bumi . Pada malam hari energi bumi yang hilang terus menerus maelalui radiasi bumi mengakibatkan pendinginan dari permukaan dan penurunan temperatur.

Keadaan radiasi dengan adanya awan sangat berbeda dengan keadaan langit yang cerah. Radiasi yang dipancarkan bumi akan mencapai awan dan oleh awan akan diabsorpsi. Radiasi tersebut dipantulkan lagi ke bumi sehingga mengakibatkan temperatur awan dan bumi menjadi lebar.


Akibat dan sifat awan yang dapat mengarbsopsi dan meradiasikan semua gelombang maka pengaruh penutup awan dapat menghalangi pendinginan bumi pada malam hari, terutama pada musim kemarau . Keadaan / sifat awan ini oleh manusia diterapkan dalam pembuatan rumah kaca (green house) di mana kaca disamakan dengan awan. Kaca ini adalah untuk menjaga fluktuasi temperatur dalam ruangan yang tidak terlalu besar.

Bila terjadi pendinginan pada permukaan bumi yang sangat besar maka akan terjadi peristiwa, frost (pengembunan/pembekuan). Peristiwa ini biasanya terjadi pada malam hari dan pada musim kemarau dimana langit sangat cerah. Di indonesia frost banyak terjadi didataran tinggi seperti penggelengan,pengunungan ijen. Pada tanaman dan hewan. frost ini banyak pengaruhnya. Pada tanaman mengakibatkan pecahnya sel-sel daun terutama pada daun yang masih muda dikarenakan pecahnya sel-sel daun terutama pada daun yang masih muda dikarenakan cairan sel membeku. Daun in akan kering, selanjutnya mati yang tampaknya seperti terbakar. Penduduk di daerah frost menyebutnya sebagai akibat "embun api".


Selain dataran tinggi , di lemabh juga tak jarang terkena frost, karena berat jenis (bj) udara dingin yang besar akan mengalir ke daerah yang lebih rendah. Untuk mencegah frost biasanya dilakukan :

  1. Penanaman pohon untuk mencegah angin yang lewat, dimana angin ini dapat mempercepat radiasi bumi, dikenal dengan wind barrier.
  2. Drainase dari udara dingin, yaitu dengan membuat selokan buntu, dengan demikian diharapkan tidak mempengaruhi tanaman.
  3. Dengan pemanasan , di kebun dalam jarak tertentu diletakkan heater.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Penjelasan Tentang Radiasi Bumi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon