Wednesday, November 1, 2017

Penjelasan Tentang Atmosfer,Troposfer,Stratosfer,Ionosfer

Atmosfer merupakan selimut tebal yang terdiri dari gas yang meliputi seluruh bumi. Atmosfer ini penting untuk melindungi bumi dari panas dan dingin yang berlebihan. Apabila tidak ada atmosfer maka suhu akan melebihi 93 derajat cellcius pada siang hari dan kurang dari -184 derajat celcius pada malam hari.

Lapisan Atmosfer

Benda-benda yang terdapat di atmosfer yaitu :

  • Gas, yang merupakan komponen tetap
  • Uap air, yang merupakan komponen berubah-ubah
  • Aerosol atau butir-butir debu.
Komponen tetap gas berada di sekitar 25 km di atas bumi, yang terdiri dari macam-macam gas.
  • N2 (nitrogen) 72% yang diperoleh dari air hujan dengan perantaraan kilat.
  • O2 (zat asam) 20,95% sumbernya dari tanaman , yang akan dikeluarkan dengan proses fotosintetis.
  • CO2 (karbon dioksida) sebesar 0,03% merupakan hasil pembakaran yang dilepaskan oleh manusia dan hewan yang bermanfaat bagi tanaman, zat ini dapat menghisap gelombang panjang yang diradiasikan oleh bumi.
  • Argon  0,93%

Selain keempat macam gas tersebut terdapat pula ozon (O3) yang jumlahnya sangat sedikit akan tetapi sangat penting karena menghisap sebagian dari radiasi ultraviolet, sehingga julah yang diteruskan merupakan jumlah yang tidak membahayakan bagi kehidupan.

Komponen uap air di atmosfer berasal dari :
  • Penguapan air laut,danau,tanah,dan rawa-rawa
  • Penguapan dari benda-benda yang terdapat di bumi
Peristiwa penguapan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan tanah, disebut evaporanspirasi. Uap air merupakan sumber utama untuk timbulnya hujan. Hujan tidak akan terjadi dengan adanya uap air saja , harus pula ada debu sebagai inti kondensasi. Debu bersifat higrokopis sehingga dapat menjadi titik air dengan gaya beratnya dapat jatuh sebagai hujan. Debu-debu ini biasanya berasal dari gunung berapi,padang pasir,dan pabrik. Banyaknya uap air di atmosfer tergantung antara lain pada : 
  1. Temperatur atau suhu, makin tinggi temperatur makin banyak uap air yang dikandungnya , sampai pada suatu saat terjadi kejenuhan yang dapat membentuk bintik-bintik air sebagai hujan
  2. Garis lintang atau latitude, menurut hann dan suring di khatulistiwa terdapat uap air sebanyak 2,63% 150 derajat lintang utara terdapat uap air sebanyak 0,92% dan 70 derajat lintang utara terdapat uap air sebanyak 0,22%.
Aerosol merupakan butir-butir debu yang bersuspensi dengan udara . Butir-butir ini merupakan butir0butir organik seperti butir butir garam, butir-butir halus dari tanah dan asap. Terdapat pula butir-butir organik sperti spora, biji-bijian halus , dan bakteri.


Lapisan dalam atmosfer adalah konstan, di mana kadar ozon naik sedangkan O2,uap air, dan debu berkurang. Artinya , semaki tinggi gas-gas di atmosfer akan semaki tipis dan sifatnya berhenti pada ketinggian 60-70 km.

Atmosfer dibagi dalam lapisan troposfer,stratosfer, dan ionosfer. :
  • Troposfer merupakan lapisan dari atmosfer. Tinggi atau tebalnya kurang lebih 16 km dari khatulistiwa dan 8 km dari kutub. Sifat khas lapisan ini adalah terjadinnya penurunan temperatur dengan adanya kenaikan tempat, yaitu penurunan sebesar 0,6 derajat celcius untuk kenaikan 100 m . Puncak tropusfer disebut tropopause.
  • Stratosfer merupakan lapisan atmosfer kedua yang berada di atas tropopause sampai ketinggian 50 km di atas permukaan bumi. Karakteristik dari lapisan ini yaitu mengandung konsentrasi ozon yang cukup tinggi. Konsentrasi ozon tertinggi terdapat pada labisan di bawah kurang lebih 25 km.
  • Ionosfer merupakan lapisan di luar atmosfer. Pada lapisan ini terjadi atmosfer ionisasi yang menyebabkan adanya konsentrasi yang tinggi dari elektron bebas. Ion-ion ini dapat memancarkan gelombang elektromagnetik matahari ke bumi.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Penjelasan Tentang Atmosfer,Troposfer,Stratosfer,Ionosfer yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon