Thursday, November 30, 2017

Pengertian Oksigen Terlarut Dan Kebutuhan Oksigen Biokimia

Apa Sihh Oksigen Terlarut Itu??
Ok Penjelasannya Silahkan Simak Di Bawah

Oksigen Terlarut (Dissolved Oxygen/DO)
Air mengandung oksigen terlarut yang berasal dari udara dan dari hasil fotosintetis tumbuhan air. Oksigen diperlukan oleh mahkluk hidup didalam air, misalnya ikan,udang,kerang,termasuk bakteri. Apabila ada kadar oksigen terlarut kurang dari 5 ppm (bagian persejuta) oksigen, maka ikan akan mati, sedangkan bakteri yang membutuhkan oksigen dalam kadar lebih rendah dari 5 ppm justru akan berkembang. Bakteri hidup dari bahan-bahan organik. Bakteri aerob membantu mengoksidasikan karbon dan nitrogen dalam bahan organik menjadi karbon dioksida dan air.


Ilustrasi Kehidupan Ikan

Jika air banyak mengandung bahan organik , maka bakteri aerob didalamnya akan berkembang dan kadar oksigen terlarut akan berkurang dengan cepat sehingga dapat mengakibatkan kematian ikan dan udang. Penguraian sampah organik selanjutnya dilakukan oleh bakteri anaerob yaitu bakteri yang tidak memerlukan oksigen bebas. Bakteri anaerob mampu mereduksi karbon,nitrogen,dan belerang dari bahan organik menjadi metana (CH4), amoniak (NH3), dan asam belerang (H2S). Gas NH3 dan H2S berbau tidak sedap sehingga mengakibatkan got atau sungai yang tercemar berat berbau tidak sedap (busuk).


Kebutuhan Oksigen Biokimia (Biochemical Oxygen Demand / BOD

Kebutuhan oksigen biokimia (BOD) adalah ukuran banyaknya oksigen yang digunakan bakteri untuk melakukan reaksi oksidasi. Semakin banyak bahan organik dalam air , akan semakin besar tingkat BOD dan semakin rendah tingkat DO. Air dapat disebut sebagai air bersih jika kadar BOD kurang dari 1 ppm.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Oksigen Terlarut Dan Kebutuhan Oksigen Biokimia yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon