Sunday, November 12, 2017

Pengertian Kelembapan Dan Istilahnya Dalam Ilmu Hidrologi

Kelembapan
Kelembapan adalah banyaknya kadar uap air yang ada di udara. Dalam kelembapan dikenal beberapa istilah, seperti :

  1. Kelembapan mutlak adalah massa uap air yang berada dalam satu satuan udara . yang dinyatakan dalam gram/m3.
  2. Kelembapan spesifik, merupakan perbandingan massa uap air di udara dengan satuan massa udara, yang dinyatakan dalam gram/kilogram.
  3. Kelembapan relatif, merupakan perbandingan jumlah uap air di udara dengan jumlah maksimum uap air yang dikandung udara pada temperatur tertentu , yang dinyatakan dalam %. Angka kelembapan relatif dari 0-100%, di mana 0% artinya udara kering, sedang 100% artinya udara jenuh dengan uap air di mana akar terjadi titik-titik air.
Keadaan kelembapan di atas permukaan bumi berbeda-beda . Pada umumnya, kelembapan yang tertinggi ada di khatulistiwa sedangkan yang terendah pada lintang -40 derajat. Daerah rendah ini disebut latitude curah hujan kecil.

Kelembapan

Massa udara bergerak dari maksimum ke minimum, perpindahan akan menyebabkan kekosongan di daerah maksimum


Besarnya kelembapan suatu daerah merupakan faktor yang dapat mensstimulasi curah hujan. Diindonesia , kelembapan udara tertinggi dicapai pada musim hujan dan terendah pada musim kemarau. Besarnya kelembapan di suatu tempat pada suhu musim erat hubungannya dengan perkembangan organisme terutama jamur dari penyakit tumbuhan. Misalnya penyakit blister. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan yang dikenal dengan exobasidium hexans , dan menyerang bila RH (relative humidity / kelembapan) selama 3 hari berturut-turut 85%.


Disamping itu, RH (kelembapan) dipengaruhi pula oleh adanya pohon pelindung, terutama apabila pohonnya rapat. Dengan adanya ramalan cuaca maka kita dapat dengan segera melakukan penyemprotan dengan fungsida. Didaerah tropis yang RH-nya besar mengakibatkan masalah bagi tanaman terutama untuk hasil sayuran akan cepat membusuk.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Kelembapan Dan Istilahnya Dalam Ilmu Hidrologi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon