Monday, November 6, 2017

Pengertian Hidrologi Pada Ilmu Klimatologi

Siklus Hidrologi Adalah sirkulasiair yang tetap mulai dari lautan sampai ke udara dan kembali ke lautan. Proses yang terjadi pada siklus hidrologi adalah evaporasi,transpirasi,presipitasi,pergerakan massa udara,kondensasi,dan pergerakan air tanah.

Hidrologi

Penguapan dari laut (evaporasi) dan tanaman (transpirasi) akan membentuk air . Uap air tersebut membentuk awan serta mengembun di udara (kondensasi) dan pada akhirnya cenderung menimbulkan hujan (prespitasi) dan apabila telah berlalu berat maka turunlah hujan.


Air hujan ada yang jatuh ke laut, sedang yang jatuh ke daratan meresap ke dalam tanah (infiltrasi). Air dalam tanah sebagian diserap oleh akar tanaman dan sebagian lagi membentuk mata air. Karena pengaruh radiasi matahari terjadi penguapan , demikianlah terjadinya siklus tersebut. Pergerakan air didalam tanah disebut perkulasi, sedangkan aliran air di permukaan tanah disebut run off.


Dalam siklus hidrologi diperlukan panas dan kelembapan tertentu, apabila panas dan kelembapan tersedia maka siklusnya aktif.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Hidrologi Pada Ilmu Klimatologi yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon