Sunday, November 12, 2017

Pengertian Awan Dan Klasifikasinya

Awan
Awan merupakan kumpulan titik-titik air yang banyak jumlahnya dan terletak pada titik kondensasi yang layang-layang tinggi di udara. Awan itu dapat dibagi menjadi :

  1. Awan tinggi, yaitu awan yang terdapat pada ketinggian 7 km dari permukaan laut, terdiri dari cirrus , cirrostatus, dan cirromulus.
  2. Awan pertengahan, ada pada ketinggian 2 km ke atas dari permukaan laut tetapi kurang dari 7 km , terdiri dari alto stratus dan alto cumulus.
  3. Awan rendah , ada pada ketinggian  kurang dari 2 km dari ke dari permukaan laut, terdiri dari strato cumulus,stratus, dan nimbo stratus.
  4. Awan yang berkembang vertikal, pada ketinggian 1-20 km dari permukaan laut, terdiri dari cumulus dan cumulo nimbus.
Awan ini terjadi apabila pengembunan tidak dekat dengan permukaan tanah.

Awan

Setiap jenis awan mempunyai kelembapan dan suhu masing-masing untuk terjadinya hujan perlu adanya awan cumulus, sedangkan awan cumulo nimbus mengakibatkan hujan besar.


Bagian dari langit yang ditutupi awan dinyatakan dalam istilah "luas total langit yang tertutup awan dalam keseluruhan atau persen " dengan nilai antara 0-10. Yang artinya, keawanan 0 yaitu langit tanpa awan, keawanan 10 yaitu langit penuh dengan awan.


Pada peta cuaca , tempat yang mempunyai keawanan sama dihubungkan oleh garis isomeph, (tekanan udara sama - isobar, suhu sama - isotern, curah hujan sama - isohyets, arah angin - isogone, dan kecepatan angin - isotachs). 



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Awan Dan Klasifikasinya yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon