Monday, November 13, 2017

Pengertian Angin Dan Sifat Penentuan Massa Udara

Angin
Angin merupakan gerakan atau perpindahan massa udara dari satu tempat ke tempat lain secara horizontal. Massa udara adalah udara dalam ukuran yang sangat besar yang mempunyai sifat fisik (temperatur dan kelembapan) yang seragam dalam arah yang horizontal . Sifat massa udara ditentukan oleh :

  1. Daerah atau tempat di mana massa udara terjadi. Jika berasal dari daerah yang banyak air maka massa udara bersifat lembap. bila berasal dari daerah kering bersifat kering.
  2. Jalan yang dilalui oleh massa udara . Bila melalui daerah yang basah akan bersifat semakin lembap dikarenakan mengisap air dari daerah yang dilaluinya.
  3. Umur dari massa udara , artinya waktu yang diperlukan mulai terbentuk sampai berubah menjadi bentuk lain . Semakin panjang umur massa udara maka semakin banyak perubahan yang dialami.
Angin

Gerakan angin berasal dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah yang bertekanan rendah. Angin juga mempunyai arah dan kecepatan. Arah angin dilihat dari mana arah angin itu datang, misalnya dari barat di sebut angin barat. Dikenal juga ada angin laut  dan angin darat. Prinsip terjadinya kedua macam angin tersebut disebabkan karena terjadinya pemanasan di daratan dan lautan oleh matahari.

  • Pada siang hari , daratan akan cepat panas daripada lautan, sehingga temperatur daratan lebih tinggi. Tetapi apabila temperatur tinggi maka panas akan rendah, sedangkan panas lautan akan tinggi, sehingga terjadi gerakan angin dari lautan ke daratan.
  • Pada malam hari keadaan menjadi sebaliknya sehingga angin bergerak dari daratan ke lautan.

Angin darat dan angin laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk menggerakkan layar , dimana pada malam hari mereka turun ke laut dan siang hari mereka kembali ke darat. Angin laut dapat menyusup ke daratan sampai sejauh 50 km. Bila angin ini sampai ke daerah pegunungan dapat menimbulkan hujan .

Selain itu juga terdpat angin gunung dan angin lembah. Seperti halnya angin darat dan angin laut maka angin lembah ini juga mempunyai prioditas yang nyata. Pada siang hari gunung akan lebih cepat panas daripada lembah, temperatur lebih besar dan panas lebih kecil maka akan terjadi angin lembah. Pada malam hari sebaliknya akan terjadi angin gunung.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Angin Dan Sifat Penentuan Massa Udara yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon