Tuesday, November 28, 2017

Pengertian Air Bersih Dalam Teknik Penjernihan Air

Air merupakan pelarut yang baik . Hal ini menyebabkan air di dalam tidak dijumpai dalam keadaan murni. Air di alam mengandung berbagai zat terlarut  dan tidak larut. Air didalam juga mengandung berbagai mikroorganisme. Apabila kandungan yang terdapat dalam air tidak menganggu kesehatan manusia, maka air tersebut dapat dianggap bersih.


Ilustrasi Air

Pada dasarnya air bersih harus memenuhi syarat kualitas yang meliputi syarat fisika,kimia,biologi,dan radioaktif. Syarat fisika air bersih yaitu air tidak berwarna,tidak berasa,dan tidak berbau. Syarat kimia air bersih yaitu air tidak mengandung zat-zat kimia yang membahayakan kesehatan manusia. Syarat biologi yaitu air tidak mengandung mikroorganisme atau kuman-kuman penyakit. Sedangkan syarat radioaktif yaitu air tidak mengandung unsur radioaktif yang dapat membahayakan kesehatan.


Setiap rumah tangga harus memiliki perbedaan air bersih dalam jumlah cukup , meskipun kebutuhan air bersih setiap rumah tangga berbeda-beda. Didaerah yang padat penduduknya, kebutuhan air bersih tentu saja semakin banyak, Kebutuhan air bersih yang berasal dari jenis sarana yang dianggap memenuhi persyaratan antara lain melalui sistem perpipaan , mata air terlindung, sumur terlindung, dan air hujan terlindung . Namun demikian untuk menjamin tersedianya air bersih yang berkualitas secara berkala depertemen kesehatan melakukan pemantauan terhadap kualitas sampel air minum PDAM maupun air bersih dari jenis sarana lainnya yang dilaksanakan secara berkala . Dalam pemeriksaan kualitas air khususnya kualitas baktteriologis digunakan indikator kandungan coliform dalam sampel air sesuai peraturan Permenkes No. 16 tahun 1990.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Air Bersih yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon