Friday, November 17, 2017

Penelitian Sebelum Pembukaan Tanah Pertanian

Pembukaan lahan pada sebidang tanah luas untuk kepentingan pertanian sangat memerlukan keikutsertaan ahli meteorologi ke dalam satu tim. Mereka terdiri dari ahli geodesi,mekanika tanah,agronomi,tanah pertanian,kehutanan,peralatan besar,hidrologi,jalan dan irigasi. 


Ahli meteorologi ,mekanika tanah,agronomi,tanah pertanian, dan kehutanan yang bertanggung jawab dalam hal pemanfaatan tanah yang akan dibuka untuk menjamin kelangsungan hidup para petani dan tanaman yang akan dibudidayakan untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli ini harus memberikan gambaran yang jelas bahwa lokasi yang telah ditentukan dapat dibuka untuk pengadaan lahan pertanian penduduk yang akan dipindahkan atau bagi kepentingan pembudidayaan tanaman yang akan dikembangkan.

Pembukaan Lahan Pertanian

Setelah gambaran pembukaan lahan diperoleh, kemudian melibatkan ahli irigasi,pembangunan prasarana (jalan dan jembatan), ahli hidrologi dan ahli peralatan (mesin-mesin) besar/berat serta ahli administrasi yang semuanya harus merupakan suatu kesatuab tim yang akan bertanggung jawab dalam hal pengadaan lahan-lahan pertanian untuk didayagunakan.


Pembukaan lahan-lahan pertanian melibatkan permodalan , tenaga dan pengorbanan lainnya yang besar, serta prasarana yang baik. Usaha tersebut sia-sia jika ternyata tanah tersebut tidak dapat dijadikan wadah atau tempat bagi kegiatan pertanian, bahkan kemungkinan lahan-lahan tersebut akan lebih parah, karena satu persatu akan ditinggalkan para penghuninya.

Tanah yang dibuka harus mampu menjadi sumber kehidupan dan memberi kehidupan bagi para petani yang umumnya hanya melakukan kegiatan bertani yang lazim dilakukan didaerah asalnya, dengan pengetahuan bertaninya yang serba terbatas . Secara psikologis, apabila para petani mengalami kegagalan panen dapat menjatuhkan mental mereka .Akan tetapi jika tanah yang didayagunakannya, sekali ditanami menunjukan kesuburan tanaman yang dibudidayakan dan hasil panenan dapat diperoleh secara mulus, mental mereka akan makin bertambah kuat dan selanjutnya memperlihatkan prestasi kegiatannya.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Penelitian Sebelum Pembukaan Tanah Pertanian yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon