Wednesday, November 15, 2017

Kapan Hujan Buatan Bisa Dilakukan

DI tanah air kita yang beriklim tropis ini terjadinya kemarau panjang banyak menimbulkan gangguan terhadap kehidupan manusia serta mahkluk hidup lainnya . Pengaruh utama terjadi pada tanah, di mana tanah menjadi unsur yang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan dan tersedianya sumber kehidupan. Kemarau panjang menyebabkan tanah menjadi kering, air sulit diperoleh,sungai mengering, sedangkan angin selalu menerbangkan debu-debu.

Ilustrasi Hujan Buatan

Bagi manusia yang mempunyai usaha pertanian, perikanan,peternakan, tentu tidak akan tinggal diam dengan keadaan seperti itu, karena akan melakukan berbagai macam usaha.


Dalam usaha ini, penduduk di pedesaan yang belum menguasai teknologi tinggi, mengadakan upacara tradisional untuk memperoleh hujan. Hal ini jelas bahwa walau terdapat kekurangan dalam teknologi , sejak dahulu nenek moyang kita bahkan sampai sekarang pun memilih usaha untuk menghadapi tantangan iklim, dan mengatasi kesulitan alam.

Generasi sekarang yang berhasil menimba berbagai ilmu pengetahuan dapat malakukan usaha untuk menghadapi tantangan iklim . Tantangan iklim tersebut khususnya kelangkaan hujan akibat kemarau yang panjang dilakukan dengan teknologi tinggi, sehingga hujan berhasil diturunkan di daerah-daerah yang sangat parah keadaannya. Cara ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena biaya terlalu mahal. Jika dilakukan terus-menerus, dampak negatifnya akan segera timbul.


Berdasarkan pertimbangan di atas  (biaya dan resiko) maka hujan buatan hanya ditempuh jika keadaan memang telah demikian kritis, apalagi usaha untuk melakukan hujan buatan ini terkadang hasilnya tepat dan terkadang meleset atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Pembuatan hujan buatan disebut sebagai suatu proses pemodifikasian awan dengan menggunakan bahan-bahan kimia, terutama NaCl (garam dapur) dan CaCl2 (kalsium clorida). Bahan-bahan kimia tersebut akan berfungsi sebagai inti kondensasi atau bertindak sebagai embrio hujan dan selanjutnya terciptalah hujan yang telah diperkirakan itu.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Kapan Hujan Buatan Bisa Dilakukan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon