Thursday, November 16, 2017

Cara Mempercepat Terjadinya Hujan Buatan

Perhitungan Waktu Yang Tepat
Untuk mempercepat terjadinya hujan buatan, agar berhasil kita harus memperhitungkan waktu yang tepat dalam pelaksanaannya. Sebelum kita menyebarkan garam-garaman, faktor klimatologi di daerah itu haruslah diperhatikan, misalnya kelembapannya harus memadai, sehingga pada waktu inti kondensasi (NaCl dan CaCl2) disebarkan akan segera terjadi kondensasi.


Penyebaran dilakukan pada ketinggian antara 4000 - 7000 kaki, dengan perhitungan faktor arah angin dan kecepatannya yang akan membawa awan ke daerah sasaran yang dituju. Penyebaran NaCl dan CaCl2 ini hendaknya dilakukan pada pagi harisekitar pukul 07.30, dengan perhitungan karena pembentukan awan berlangsung pada pagi hari (perhatikan terjadinya penguapan).

Pengangkutan Bahan Hujan Buatan

Penyebaran pupuk urea biasanya dilakukan sekitar 12.00, dengan perhitungan awan dalam kelompok-kelompok kecil telah berbentuk, (perhatikan kelompok awan yang besar yang dasarnya tempak kehitam-hitaman).


Pada saat kelompok awan besar dengan dasar yang kehitam-hitaman itu telah terbentuk , sekitar 15.00 dilakukan penyebaran larutan campuran (seperti yang telah dikemukakan). Perhitungan tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa pada jam-jam tersebut awan telah terbentuk.

Perhitungan yang perlu diperhatikan adalah faktor cuaca yang telah memenuhi persyratan , yaitu yang mengandung uap air cukup dengan kelembapan minimal sekitar 70%, kecepatan angin di daerah yang akan disebar garam-garaman itu sekitar 10 knots, dan tidak terdapat lapisan inversi udara.

Demikianlah usaha mempercepat terjadinya hujan buatan dalam menanggulangi kekeringan yang menimpa pertanian-pertanian tertentu di tanah air kita.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Cara Mempercepat Terjadinya Hujan Buatan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon