Thursday, November 23, 2017

4 Perlakuan Sebelum Melakukan Penanaman Cokelat Pada Lahan

Sebelum pelaksanaan penanaman bibit tanaman cokelat pada lahan yang dikehendaki (setelah melalui penelitian kesesuiaiannya). Pada lahan tersebut kita harus melakukan beberapa perlakuan sebagai berikut :


Pohon Kakao


  • Melakukan penanaman biji tanaman pelindung bagi tanaman cokelat dalam pertumbuhannya. Tanaman pelindung yang banyak dipilih adalah Leucaena glauca dan Flemingia congesta. Selain berfungsi sebagai pelindung juga membantu pemulsaan tanah nantinya. Lamtoro dan sengon juga banyak dimanfaatkan untuk ini. Penanaman pohon-pohon pelindung dilakukan 3 atau 4 bulan sebelum penanaman bibit dengan jarak tanam 3x3 m dari rencana penanaman tiap bibit tanaman cokelat.
  • Pembuatan lubang untuk penanaman bibit tanaman cokelat, dengan ukuran 60 cm x 60 cm yang panjang,lebar,dan dalamnya 60 cm. Lubang dibiarkan untuk sementara waktu , selama itu dapat diisi dengan bahan pupuk hijau yang tersedia, potongan rumputan,pangkasan flemingia dan lainnya yang mengandung bahan pupuk sejenis yang diharapkan dapat membentuk humus. Menjelang musim penghujan (Desember) kira-kira pada bulan Oktober-November tutuplah lubang-lubang tersebut dengan tanah yang diambil dari lapisan permukaan , sedangkan tanah bekas galiannya ditutupkan ke lapisan permukaan tersebut.
  • Penanaman bibit cokelat sebaiknya dilakukan pada akhir bulan November pada lubang-lubang yang telah disiapkan . Untuk mencegah penggenangan air hujan sebaiknya diantara larikan-larikan tanaman dibuat parit untuk mengalirkan air.
  • Sementara penanaman cokelat tumbuh, tanaman pelindung pun tumbuh lebih cepat dan cukup rindang karena ditanam lebih dahulu. Supaya peredaran udara baik dan cahaya banyak masuk , bagian atas ranting dan daun-daun pelindung dapat dipangkas seperlunya. Sisa-sisa pangkasan digunakan untuk menutupi permukaan tanah yang berdekatan dengan tanaman cokelat. Dengan demikian karena proses pelapukan dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai mulsa dan unsur-unsur humus.




Nah itulah sedikit pembahasan tentang 4 Perlakuan Sebelum Melakukan Penanaman Cokelat Pada Lahan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon