Wednesday, November 22, 2017

4 Cara Untuk Menumbuhkan Perkecambahan

Untuk menumbuhkan perkecambahan disiapkan bak-bak permanen yang terbuat dari peti kayu, Peti tersebut panjang dan lebarnya sesuai kehendak asalkan dapat menampung pasir yang telah dicampur gembut setebal kurang lebih 30 cm dari butir-butir air hujan yang jatuh ke bak. Bak harus diberi atap dan penutup dengan kain goni (karung) yang telah dibasahi . Setelah persiapan ini selesai , dilakukan penyemaian dengan cara berikut ini :

  1. Biji yang telah disiapkan dimasukkan kedalam lubang-lubang lapisan pasir yang berjarak antara 3 x 5 cm atau 5 x 5 cm.Penempatan biji jangan sampai terbalik karena ada pengaruh buruk.
  2. Menjaga kelembapan agar tetap. Oleh karena itu , penyemaian dilakukan ditempat yang teduh perlu disirami dua atau tiga kali sehari klau ditempatkan di atas tanah, karena terjadinya penyerapan air ke bawah, setiap kali lapisan pasir itu mulai mengering maka perlu dilakukan penyiraman.
  3. Penyiraman tidak boleh dilakukan secara langsung, melainkan dipercik-percik sampai basah, sehingga kedudukan biji tidak akan berubah.
  4. Penyiraman secara tidak langsung sangat efektif dengan adanya goni (karung) penutup bak. Air yang disiramkan atau dipercikkan pertama-tama akan membasahi karung dan sedikit demi sedikit air akan sampai ke permukaan lapisan pasir.

Kecambah


Dengan perlakuan seperti di atas maka dalam waktu minimal 10 hari perkecambahan sudah mulai tumbuh. Akarnya sudah mulai memanjang pada usia tersebut. Setelah berumur 20 hari, dikotil atau kepiting-kepitingnya mulai membuka. akarnya bertambah panjang. Baru sekitar 45 hari akan tampak sepasang daun kecil dan dikotilnya terlah terbuka.



Nah itulah sedikit pembahasan tentang 4 Cara Untuk Menumbuhkan Perkecambahan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon