Tuesday, November 21, 2017

3 Hal Pokok Yang Harus Diperhatikan Dalam Sistem Pengairan

Apabila lereng itu merupakan lereng yang memanjang serta keseragamannya beraturan untuk pengadaan air ke lahan-lahan pertanian dapat dibuat alur-alur atau pematang-pematang sebagai pembatas petak-petak lahan usaha tani.



Drainase

Beberapa hal pokok yang harus diperhatikan dalam sistem pengairan lahan pertanian adalah sebagai berikut.

  1. Pada tempat yang lebih tinggi dari lahan pertanian yang dibuka (jika dimungkinkan) dapat dibangun terminal pengairan yang menjadi induk pengairan untuk lahan pertanian. Terminal itu dihubungkan dengan saluran pembagi yang menuju ke lahan pertanian. Perbedaan ketinggian tempat akan sangat membantu tersalurnya air secara efesien dan ekonomis . Tanggung jawab pemakaian air harus menjadi tanggung jawab bersama, serasi dan setujuan . Dengan cara seperti itu , air dapat sampai ke semua lahan pertanian.
  2. Pembangunan saluran pembagi harus cukup memadai, tahan untuk jangka waktu yang panjang dan diusahakan jarak dari keseluruhan sistem sependek mungkin agar sampainya air ke lahan-lahan-lahan pertanian tidak mengalami hambatan apa pun dan dapat sampai lebih cepat.
  3. Saluran-saluran air harus dibuat sedemikian rupa agar memudahkan para petani dalam pemeliharaan dan perbaikannya . Air dapat sampai ke lahan pertanian,secara teratur,rata, dan memuaskan masing-masing pihak. Peran serta kebersamaan dalam pemeliharaan dan perbaikan saluran sangat penting.

Sprinkle method atau cara pengairan dengan pancaran adalah penyaluran air melalui pipa dengan tekanan tertentu yang dapat memancarkan air ke segala penjuru yang dikehendaki. Sampainya air ke tanaman tidak jauh berbeda dengan curahan air hujan. Oleh karena itu cara ini disebut juga dengan pemberian air secara hujan buatan. Pemberian air pengairan dengan cara ini sangat efisien akan tetapi biayanya tinggi. Dengan menggunakan alat yang tahan lama, cara ini dapat dipakai karena segala pembiayaan yang telah dikeluarkan akan kembali dalam jangka waktu yang tidak lama dengan hasil panen yang baik.

Sistem pengairan dengan cara pancaran ini sebaiknya dilakukan apabila topografi lahan setempat secara teknis tidak memungkinkan dilakukannya sistem pengairan aliran permukaan (surface irrigation system). Hal ini disebabkan karena sumber air yang tersedia tidak banyak. Dalam keadaan seperti itu, penguapan yang terjadi karena teriknya sinar matahari akan lebih mengurangi unsur airnya.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang 3 Hal Pokok Yang Harus Diperhatikan Dalam Sistem Pengairan yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon