Tuesday, October 17, 2017

Toksin Yang Dihasilkan Oleh Bakteri

Beberapa spesies bakteri menghasilkan zat yang merupakan racun bagi kehidupan mahkluk sekitarnya. Racun itu ada yang dikeluarkan dari sel, dan oleh karena itu lah racun ini disebut eksotoksin. Ada pula racun yang tidak dikeluarkan akan tetapi tetap tersimpan didalam sel. Racun yang demikian itu disebut endotoksin. Endotoksin tidak berbahaya selama masih ada sel bakteri.

Toksin


Endotoksin mudah dipisahkan dari bakteri dengan jalan penyaringan. Endotoksin yang menganggu kesehatan manusia dihasilkan oleh bakteri dipteri, bakteri tetanus,bakteri botulinum. Toksin botulinum tipe A adalah eksotoksin yang pertama kali dapat dihablurkan. Toksin ini kedapatan pada makanan yang basi. Orang akan mati, jika termakan olehnya 0,0024 miligram toksin ini.

Kebanyakan eksotoksin mudah terurai dengan perebusan atau penyinaran yang kuat. Eksotoksin tidak begitu berbahaya, jika tertelan akan tetapi membawa maut, jika menusuk didalam peredaran darah. Toksin botulinium khususnya dapat membawa maut, jika sampai masuk didalam alat-alat pencernaan kita.


Pengalaman menunjukkan, bahwa penyuntikan binatang dengan sedikit eksotoksin menyebabkan timbulnya zat antioksin didalam tubuh binatang tersebut. Antioksin ini tidak membunuh bakteri , akan tetapi hanya sekedar menawar toksinya saja. Inilah prinsip pengobatan dengan serum (serum theraphy).

Endotoksin
Endotoksin sukar sekali penyelidikannya , dan hingga beberapa tahun yang lalu belum diketemukan jalan untuk memisahkannya dari bakteri. Kalau kita lewatkan suatu suspensi bakteri melalui saringan  halus, maka cairan yang lewat itu tidak mengandung toksin, akan tetapi jika kita ambil bakteri yang sudah mati , nyatalah adanya toksin. Dari kejadian ini dapatlah kita tarik kesimpulan , bahwa toksin itu semula kedapatan terkurung di dalam sel bakteri. Akhir -akhir ini orang telah berhasil memecahkan sel-sel bakteri secara mekanis dengan demikian terlepaslah isinya dari sel, dan endotoksin muncul dalam keadaan lepas sel.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Toksin Yang Dihasilkan Oleh Bakteri yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon