Friday, October 13, 2017

Sifat-Sifat Peralatan Gelas Laboratorium

Peralatan laboratorium kimia sebagian besar terbuat dari gelas. Gelas dipilih sebagai bahan pembuatan peralatan karena mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan. Sifat-sifat gelas yang menguntungkan antara lain : tembus cahaya atau tembus pandang (opaque), kaku (rigid), tidak mudah bereaksi dengan bahan kimia, mempunyai titik didih tinggi sehingga tidak mudah meleleh terutama pada pemanasan biasa dibawah suhu 100o C, dan mudah di las jika retak atau pecah. 

Peralatan Laboratorium

Peralatan laboreatorium yang terbuat dari gelas juga tahan terhadap perubahan suhu yang mendadak. Suatu perusahaan pembuatan peralatan gelas mengeluarkan merek dagang pyrex, yang merupakan peralatan gelas yang tahan panass.
Bahan gelas ada ada banyak jenisnya.

Untuk keperluan pembuatan peralatan laboratorium terdapat dua jenis yang umum digunakan, pertama jenis borosilikat, dan kedua jenis soda kime. Gelas yang terbuat dari bahan borosilikat dan soda lime mempuyai karasteristik tertentu yang menguntungkan. Gelas jenis borosilikat mempunyai karasteristik tahan terhadap perubahan suhu yang mendadak. Sedangkan gelas dari soda lime mempunyai karasteristik dapat dipanaskan dengan pembakar Bunsen tanpa menjadi kusam. 


Kedua bahan tersebut mempunyai sifat tahan terhadap bahan kimia. Gelas jenis borosilika mempunyai sifat tahan terhadap senyawa asam tetapi kurang tahan terhadap senyawa alkali. Sedangkan bahan gelas jenis soda lime mempunyai sifat yang sebaliknya, lebih tahan terhadap senyawa alkali dan kurang tahan terhadap senyawa asam.
Gelas dari jenis borosilikat dan jenis soda lime mempunyai komposisi penyusun yang berbeda. Komposisi dari masing-masing jenis gelas dapat dilihat pada Tabel Berikut :

Komposisi Penyusun

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Sifat-Sifat Peralatan Gelas Laboratorium yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon