Monday, October 23, 2017

Penjelasan Siklus Lisogenik Pada Reproduksi Virus

Siklus Lisogenik
Siklus Lisogenik adalah siklus reproduksi virus yang bersifat laten karena periode satu siklus lisogenik dapat berlangsung sangat lama di dalam tubuh inang. Lamanya siklus pada siklus lisogenik dipengaruhi oleh virulensi atau ketahanan sel inang terhadapa partikel virus penginveksi. 


Diagram Siklus Lisogenik Dan Litik

Siklus lisogenik terdiri dari empat fase, yaitu pelekatan,penetrasi,penggabungan dan pembelaha, Berikut adalah penjelasan dari ke empat siklus tersebut :

1. Fase Pelekatan
Pada dasarnya fase pelekatan dan penetrasi pada siklus lisogenik tidak berbeda dengan fase pelekatan dan penetrasi pada siklus litik. Virus melekat pada permukaan sel inang dan melubangi membran plasma sel.

2. Fase Penetrasi
Asam nukleat virus masuk kedala sel inang setelah melalui fase pelekatan dan malakukan penetrasi.


3. Fase Penggabungan (Integrasi)
Selanjutnya asam nukleat tersebut akan bergabung dengan kromoson inang dan disebut profage. Sel inang tidak mengalami lisis pada siklus ini , akan tetapi tetap dapat melakukan metabolisme dan reproduksi sel seperti sebelum terinfeksi , hanya saja saat ini sel inang membawa asam nukleat virus sebagai bagian dari kromosomnya.

4. Fase Pembelahan
Pada fase ini , yaitu virus memanfaatkan proses pembelahan sel inang untuk penggandaan materi genetiknya yang sudah terintegrasi dengan kromosom sel inang . Pada kondisi terntu, yaitu apabila sel inang kehilangan virulensi terhadap partikel virus atau mengalami tekanan lingkungan, seperti radiasi atau suhu tinggi, profage dapat memisahkan diri dari kromosom inang dan segera memasuki fase sintesis,perakitan, dan lisis seperti pada siklus litik.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Penjelasan Siklus Lisogenik Pada Reproduksi Virus yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon