Tuesday, October 31, 2017

Pengertian Model IHACRES

IHACRES
(Identification Of Unit Hydrograph And Component Flows From Rainfall, Evaporation And Stream Flow Data), merupakan buah kerja sama antara institute hidrology (IH) di inggris dan the centre for resaurce and envriomental studies (CRES) di australian national university (ANU), Canberra. Hasil kerja sama tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk PC-IHACRES, suatu paket program untuk memodelkan proses hidrologi. Selanjutnya , proyek IHACRES dikembangkan oleh CRC Toolkit atau Catchment Research Centre, Australian National University (ANU), Australia.

PC-IHACRES

Model ini tergolong model hujan aliran, input utama data hujan, data debit, dan data suhu untuk menghitung nilai evapotranspirasi. Selanjutnya , model akan memprediksi atau menghitung dabit yang keluar dari DAS. Versi IHACRES yang digunakan pada penelitian ini tergolong global (Lumped Model). Pada model global, DAS dianggap sebagai kotak hitam  (black box) di mana luaran dari black box model merupakan fungsi masukannya. Varibilitas spesial di dalam DAS di asumsikan seragam. Model ini telah banyak penjuru dunia dan telah dijadikan sebagai salah satu literatur ilmiah yang banyak digunakan.


Di cina model ini digunakan cukup berhasil dengan luas DAS sekitar 490 meter persegi. Di inggris, di tempat kelahirannya model ini telah dites pada banyak DAS dengan luas yang cukup bervariatif sampai 9.000 km persegi. Aplikasi IHACRES dapat di jumpai didalam tulisan (Jakeman dan Hornberger). Model ini juga terus dikembangkan dengan berbagai penyempurnaan dan penambahan modul. Pengujian di indonesia menggunakan IHACRES.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Model IHACRES yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat---- 


EmoticonEmoticon