Wednesday, October 11, 2017

Fungsi Labu Takar (Folumetric Flask)

Labu Takar
labu takar merupakan peralatan yang banyak digunakan dalam laboratorium kimia analisis. Labu takar mempunyai bentuk alas bulat dan leher panjang dengan mulut sempit. Pada Lehernya terdapat tanda batas yang menunjukkan volume sebagai mana tertera pada badan labu takar. Labu takar dilengkapi dengan penutup yang terbuat dari bahan - bahan kimia seeperti polietilen atau dapat juga dari gelas.

Gelas Ukur Segala Ukuran


Labu takar digunakan untuk keperluan pengenceran larutan sampai dengan volume tertentu sebagai mana tertera dalam badan labu takar. Pembacaan volume larutan dilakukan pada tanda yang melingkar pada leher labu dengan membaca miniskus. ketelitian pembacaan volume pada suhu tertentu biasanya tertera pada badan labu.


Kapasitas yang tersedia untuk alat ini adalah :
  1. Kapasitas 5 ml dengan toleransi kurang lebih 0,05 ml.
  2. Kapasitas 10 ml dengan toleransi kurang lebih 0,05 ml.
  3. Kapasitas 25 ml dengan toleransi kurang lebih 0,08 ml.
  4. Kapasitas 50 ml dengan toleransi kurang lebih 0,12 ml.
  5. Kapasitas 100 ml dengan toleransi kurang lebih 0,05 ml.
  6. Kapasitas 200 ml dengan toleransi kurang lebih 0,30 ml.
  7. Kapasitas 250 ml dengan toleransi kurang lebih 0,30 ml.
  8. Kapasitas 500 ml dengan toleransi kurang lebih 0,50 ml.
  9. Kapasitas 1000 ml dengan toleransi kurang lebih 0,80 ml.
  10. Kapasitas 2000 ml dengan toleransi kurang lebih 1,20 ml.
Fungsi labu ukur adalah Untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dan mengencerkan larutan dengan keakurasian yang tinggi, biasanya digunakan untuk mendapatkan larutan zat tertentu yang nantinya hanya digunakan dalam ukuran yang terbatas hanya sebagai sampel dengan menggunakan pipet.


Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Labu Takar (Folumetric Flask) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan klik disini. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----


EmoticonEmoticon