Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Labu Destilasi (Disstillation Flask)

Labu Destilasi
Labu destilasi hampir sama dengan labu alas bulat, tetapi mempunyai pipa kearah sisi. Pipa ke arah sisi ini akan disambungkan dengan alat gelas pendingin pada saat digunakan untuk keperluan destilasi.

Gambar Labu Destilasi

Prinsip kerja destilasi adalah pemisahan dua zat atau lebih yang mempunyai perbedaan titik didih. Jika zat -zat yang dipisahkan mempunyai perbedaan titik didih yang jauh berbeda, dapat digunakan metode isolasi biasa. Zat yang memiliki titik didih rendah akan cepat terdestilasi daripada zat yang bertitik didih tinggi. Uap zat yang bersifat volatil dan memiliki titik didih yang rendah akan masuk ke dalam pipa pada kondensator (terjadi proses pendinginan) sehingga akan turun berupa tetesan-tetesan yang turun ke dalam penampung atau disebut juga destilat. Dalam hal ini alkohol yakni etanol dan methanol yang masing-masingnya dicampur dengan air, akan terdestilasi dahulu.

Campuran metanol dan air dicampurkan dalam labu destilasi, lalu didesstilasikan dengan memanaskan campuran tersebut dengan hot plate. Uap yang dihasilkan adalah uap hasil dari zat yang bertitik didih rendah, dalam hal ini adalah methanol dan etanol pada kedua percobaan. Uap tersebut nantinya akan diembunkan dengan bantuan kondensor yang berfungsi sebagai pendingin uap. Cairan tersebut nantinya akan menetes ke dalam labu elenmeyer.

Prinsip pemisahan campuran yang melewati dua fase, yakni gas menjadi fase cair dinamakan dengan proses destilasi. Perbedaan titik didih dan tekanan uap membuat kedua campuran ini berpisah. Semakin tinggi tekanan uap maka titik didih cairan tersebut semakin tinggi. Penguapan dipengaruhi oleh titik cairan tersebut. Cairan yang memiliki titik didih teredah, maka lebih cepat untuk mendidih.

Kapasitas yang tersedia untuk alat ini adalah :
  1. Kapasitas 100 ml.
  2. Kapasitas 250 ml.
  3. Kapasitas 500 ml.
  4. Kapasitas 1000 ml.
Nah itulah sedikit pembahasan tentang Fungsi Labu Destilasi  (Disstillation Flask) yang sempat saya bagikan kepada anda , semoga saja materi ini berguna dalam membantu keperluan akademik anda, Jika anda ingin melihat materi dan fungsi alat lainnya silahkan . Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda di blog sederhana ini, jangan lupa untuk membagikan materi ini ke teman atau kerabat terdekat anda dengan melalui social media yang kalian miliki karena secara aotomatis materi ini akan tersimpan didalam beranda anda.
----Selamat Mencatat----

Post a Comment for "Fungsi Labu Destilasi (Disstillation Flask)"